Trik Menyalip Kendaraan Bagi Pemula

Umum

Trik Menyalip Kendaraan Bagi Pemula

  • Teknik menyalip umum: sebelum melewati kendaraan lain di depan, pendekkan jarak dengan kendaraan sambil menurunkan posisi roda gigi. Tujuan menurunkan gigi adalah untuk meningkatkan kecepatan mesin sehingga akselerasi bisa lebih cepat. Namun sebelum memendekkan jarak dengan mobil di depan, pastikan Anda masih bisa melihat kondisi di depan mobil untuk diatasi.
  • Menyalip harus dalam kondisi jalan yang kosong, jika jalur aman, jangan lupa untuk menyalakan sinyal kanan untuk memberi sinyal pengemudi di belakang. Atau jika Anda merasa perlu berkedip dimmer depan untuk memberi sinyal mobil dari arah berlawanan.
  •   Periksa blind spot di kaca spion dengan sedikit menggerakkan kepala ke depan sambil melihat ke kaca spion mobil, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kondisi di belakang mobil aman.
  •  Jangan melebihi posisi menikung jalan, karena kendaraan dari arah berlawanan tidak bisa dilihat, sehingga ada risiko tinggi kecelakaan.
  •  Jangan melampaui sistem jalan curam dengan garis median jalan tak terputus.
  •  Ketika Anda melewati kendaraan lain dan Anda ingin kembali ke jalur semula, jangan belok kiri ke ekstrim, karena akan memotong jalur kendaraan lain Anda sebelumnya dan itu sangat kasar (lihat gambar di atas).
  •  Memahami kemampuan akselerasi mobil Anda, misalnya jika mobil Anda adalah mobil kota, jelas akselerasinya tidak sebaik sedan berkapasitas besar yang membutuhkan jarak jauh dan waktu yang sedikit lebih lama dalam menyalip bahkan jika itu bisa dalam beberapa detik

Agar lebih percaya diri dalam hal keselamatan ketika Anda ingin menyalip mobil lain di depan, klik disini dan cukup perhatikan garis demarkasi di tengah jalan, jangan menyalip jika ada garis tengah tanpa gangguan. Lihat juga rambu-rambu jalan jika ada larangan menyalip, biasanya terletak di jalan berliku, Anda harus sabar menunggu sampai Anda menyeberang jalan lurus untuk menyalip mobil lain di depan Anda.

Comments are closed.