Tips Berdasarkan keterangan dari Psikolog supaya Anak Cerdas dan Mandiri

Pendidikan

Tips Berdasarkan keterangan dari Psikolog supaya Anak Cerdas dan Mandiri – Sebagai orang tua, pastinya Moms hendak anak menjadi orang yang berhasil di masa mendatang bukan? Berdasarkan keterangan dari psikolog family Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. atau yang akrab disapa Nina, anak yang sukses ialah yang bahagia, berprestasi, dan memiliki jati diri yang baik.

Agar anak dapat sukses, diperlukan perkembangan fisik, kognitif, emosi, dan sosial yang baik. Jadi anak mesti sehat, cerdas, mandiri, dan dapat lancar berinteraksi sosial dengan orang lain.

Pada ulasan kali ini, Orami akan menjabarkan aspek kognitif dan emosi anak, yakni kepintaran dan kemandirian. Berdasarkan keterangan dari Nina, begini cara supaya anak cerdas dan mandiri!

Cara Agar Anak Jadi Cerdas dan Mandiri

Anak yang cerdas ialah anak yang kreatif, cepat menciduk dan memahami hal-hal baru, pun memiliki tidak sedikit ide. Sedangkan, berdikari di sini bukan berarti anak tidak boleh mohon tolong dari orang lain.

Mandiri ialah bagaimana anak dapat mengandalkan dirinya untuk mengerjakan hal-hal tertentu. Namun andai ia sudah mengupayakan tapi tidak berhasil, pastinya ia dapat minta pertolongan dari orang tua atau orang lain. Terdapat sejumlah cara guna menjadikan anak cerdas dan mandiri, yaitu:

1. Munculkan rasa hendak tahu

Anak yang cerdas dan kreatif mempunyai rasa penasaran yang tinggi. Dengan rasa hendak tahu ini, ia bakal mengeksplor segala urusan tanpa ragu, sehingga dapat mendapatkan pengetahuan dan empiris baru yang tak tergantikan.

Jadi Moms tidak boleh terlalu mengekang dan melarang-larang Si Kecil ketika ia hendak mengeksplor, ya. Cukup awasi agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan padanya.

Dengan mengembara lingkungan, tanpa sadar ia pun bakal terbiasa jadi berdikari dan merasakan aktivitasnya sendiri, tanpa perlu tidak jarang kali ditemani oleh Moms.

Moms mesti ingat bahwa kepintaran anak tidak hanya soal akademis atau nilai di sekolah. Jika diberi peluang mengenal urusan baru, wawasan anak akan meningkat dan ia bakal jadi lebih mandiri!

Baca juga: Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

2. Ajak berkreasi

Untuk menajamkan kreativitas anak, Moms dapat mengajaknya guna berkreasi. Moms pun dapat sesuaikan dengan kegemaran atau kesenangan anak. Misalnya mengajaknya masak atau mendekorasi kamarnya. Hal ini tetap mesti dilaksanakan dalam pemantauan orang tua ya!

Supaya tidak bosan, Moms pun dapat mencoba sekian banyak hal yang belum pernah dilaksanakan anak. Contohnya, berkebun, melukis, bahkan berdendang sambil bermain musik.

3. Jawab pertanyaan Si Kecil

Jangan kesal bila Si Kecil cerewet dan tidak sedikit bertanya, sebab ini ialah salah satu tanda bahwa ia punya rasa hendak tahu. Jawab masing-masing pertanyaan anak dengan baik guna memuaskan rasa penasarannya.

Agar ia tidak bingung, jawab pertanyaannya dan ajak ia membual dengan kalimat yang singkat, gampang dimengerti, tetapi lengkap. Jika Moms kesulitan, dapat berikan keterangan pada anak dengan pertolongan gambar atau kitab cerita.

“Kalau anak terus mengemukakan pertanyaan yang itu-itu saja, berikan pertanyaan balik padanya. Sehingga akan terbuat diskusi tersingkap antara orang tua dan anak,” jelas Nina.

4. Beri peluang melayani diri sendiri

Cara efektif menciptakan anak jadi mandiri ialah dengan tidak mengerjakan semua urusan untuknya. Berikan Si Kecil peluang untuk melayani dan mengerjakan hal sendiri. Contohnya, memungut piring ketika akan makan, pun membereskan mainannya sendiri.

Dengan begitu, ia bakal terbiasa tidak bergantung pada orang lain. Hal ini akan paling membantunya saat dewasa nanti, Si Kecil jadi lebih independen dan tidak tidak jarang kali harus meminta pertolongan pada hal-hal yang sebenarnya dapat ia kerjakan sendiri.

Sumber : sekolahan.co.id

Comments are closed.