Teknik Latihan Untuk Meningkatkan Paru Paru

Kesehatan

Paru-paru yang sehat memastikan bahwa tubuh memiliki kapasitas besar untuk menyimpan udara. Dengan kapasitas besar untuk menyimpan udara, tubuh tidak mudah lelah atau bermasalah. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kapasitas paru-paru akan berkurang. Karena itu, tubuh perlu melakukan latihan pernapasan untuk menjaga dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

 

Teknik Latihan Untuk Meningkatkan Paru Paru

Dengan latihan pernapasan paru-paru dapat menyimpan lebih banyak oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh. Apa bentuk latihan pernapasan? Ayo, simak ulasannya di bawah ini.

1. Latihan pernapasan diafragma
Latihan pernapasan ini melibatkan diafragma dan perut. Dalam pernafasan ini saat udara masuk ke lambung ia akan terisi sehingga mengembang, sementara dada tidak banyak bergerak. Lakukan latihan ini setidaknya selama 5 menit sehari.

Bagaimana cara melakukannya:

Duduk santai sambil menopang diri sendiri.
Letakkan satu tangan di perut Anda dan yang lainnya di dada Anda.
Tarik napas melalui hidung selama dua detik, rasakan udara bergerak mengisi perut. Rasakan perut Anda benar-benar membesar. Perut harus bergerak lebih dari dada.
Buang napas selama dua detik melalui bibir terbuka kecil sambil merasakan perut Anda mengempis.
Ulangi 10 kali. Jaga agar bahu Anda rileks selama pengulangan dan jaga agar punggung tetap lurus saat Anda mengambil napas diafragma ini.

2. Latihan pernapasan bibir yang mengerut
Anda dilatih untuk mengurangi jumlah napas yang Anda ambil dan menjaga saluran udara Anda terbuka lebih lama. Untuk melatihnya, cukup bernapas melalui hidung dan buang napas melalui mulut selama mungkin dengan bibir yang mengerucut.

Bagaimana cara melakukannya:

Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung, pastikan bibir Anda tertutup.
Buang napas sepelan mungkin melalui bibir yang mengerucut atau sangat kecil. Usir selambat mungkin, lebih lama dari saat Anda menarik napas.
Ulang lagi. Anda bisa melakukannya sambil berdiri atau duduk.

3. Latihan meregangkan tulang rusuk
Latihan ini cukup mudah dilakukan. Kunci dari latihan pernapasan ini adalah menahan udara sebanyak mungkin di paru-paru dan dengan waktu lebih lama dari 10-25 detik.

Teknik ini dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru ketika dilatih setidaknya sekali sehari. Lakukan latihan pernapasan ini 3 kali sehari untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Anda lebih efektif. Setelah latihan dilakukan selama 2-5 menit.

Cara melatihnya:

Berdiri tegak dan badan lurus.
Buang napas semua oksigen dari paru-paru.
Jadi ambil napas perlahan, isi paru-paru Anda dengan udara sebanyak mungkin. Jika terhirup secara maksimal, jangan menghembuskan napas segera. Tahan nafas selama 10-15 detik.
Jangan khawatir jika Anda tidak bisa menahan nafas terlalu lama. Cobalah menahannya selama 6 atau 7 detik pertama dan kemudian secara bertahap meningkatkan waktu sampai Anda terbiasa menahan nafas selama 10-15 detik.
Setelah melewati 10-15 detik, buang napas lagi sampai semua oksigen dari paru keluar.

4. Latihan pernapasan bernomor
Latihan pernapasan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kapasitas paru-paru. Dengan teknik latihan pernapasan ini Anda harus melakukan perhitungan hingga 8 kali tanpa henti.

Bagaimana cara melakukannya:

Berdiri tegak dengan mata tertutup, lalu tarik napas panjang.
Ketika Anda menarik napas, bayangkan angka 1.
Tahan napas selama beberapa detik, lalu buang napas.
Tarik napas lagi membayangkan nomor 2.
Tahan napas lagi selama beberapa detik, lalu buang napas.
Tarik napas lagi membayangkan nomor 3.
Lakukan sampai Anda melihat angka 8.

5. Pelatihan kekuatan paru Pranayama
Latihan ini dilakukan dengan duduk bergantian menggunakan lubang hidung kanan dan kiri. Metode ini cukup sederhana:

Duduk bersila dengan punggung lurus.
Tutupi lubang hidung sebelah kiri dengan jari-jari Anda.
Tarik napas panjang dan dalam dengan lubang hidung kanan terbuka.
Ketika Anda memiliki napas maksimal, sekarang tutup lubang hidung kanan dan secara bersamaan buka lubang hidung kiri untuk menghembuskan napas perlahan. Buang napas hingga maksimal dari lubang hidung kiri.
Bernapas kembali melalui lubang hidung kiri.
Kemudian, tutup lubang hidung kiri dan buang napas melalui lubang hidung kanan. Keluarkan perlahan.
Lakukan terus menerus secara bergantian hingga 10 kali.

Baca juga :

  • Arti Kepercayaan : Pengertian,Contoh dan Jenis Amanah
  • Toyota Lampung Perbedaan Toyota Grand New Veloz 1.3L dan 1.5L

 

Comments are closed.