Susah Sendawa : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Susah Sendawa : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sendawa adalah sistem normal berasal dari tubuh untuk mengeluarkan gas di saluran pencernaan. Fungsi tubuh ini mungkin terdengar simple namun susah sendawa sanggup memicu perut terasa kembung, tidak nyaman, dan mengganggu hari Anda. Ketahui penyebab, cara menanggulangi susah sendawa, dll.

Apa Itu Sendawa?
Sendawa adalah sistem tubuh untuk melewatkan gas berasal dari saluran pencernaan ke mulut secara alami. Terdapat hawa yang turut ditelan pas Anda makan dan minum dan hawa selanjutnya dikeluarkan melalui sendawa.

Sementara susah sendawa terjadi karena otot saluran pencernaan yang disebut bersama sfingter esofagus bagian atas tidak sanggup melewatkan hawa ke atas untuk bersendawa, jadi hawa selanjutnya terjebak di saluran pencernaan.

Kondisi susah bersendawa ini mungkin terdengar sepele namun memicu penderitanya terasa kembung, sakit perut, dan tidak nyaman untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Gejala Susah Sendawa
Anda mungkin pernah merasakan gejala susah sendawa, seperti:

Lambung terasa tidak nyaman
Sakit perut
Perut kembung
Perut begah
Sensasi terbakar di kerongkongan
Terasa layaknya tersedia hawa dan nada gemericik di perut
Gejala ini kebanyakan terjadi akibat seseorang makan dalam porsi besar dan cepat atau minuman berkarbonasi yang memicu ketidaknyamanan lambung.

Tidak tersedia istilah medis untuk orang yang tidak sanggup bersendawa, namun susah sendawa dikaitkan sebagai gejala berasal dari disfungsi retrograde cricopharyngeus (R-CPD), yaitu problem di mana otot cricopharyngeus tidak sanggup melewatkan gas atau hawa ke mulut. Gejala lainnya adalah distensi dada, nada perut yang berisik, dan perut kembung yang berlebihan.

Penyebab Susah Bersendawa
Penyebab susah sendawa adalah saat otot sfingter esofagus atau disebut juga bersama otot cricopharyngeus tidak sanggup melewatkan gelembung udara. Otot sfingter esofagus adalah keliru satu bagian otot berasal dari sistem pencernaan yang terletak di ujung bawah tenggorokan atau tepat di bawah jakun di belakang tulang rawan krikoid.

Otot sfingter esofagus bakal mengendur dan melewatkan ke bawah tiap tiap kali Anda menelan dan melewatkan hawa ke atas untuk bersendawa. Ketika otot ini tidak bekerja bersama baik, maka Anda bakal susah bersendawa.

Berdasarkan National Institute of Diabetes plus Digestive plus Ginjal Diseases (NIDDK), umumnya orang bersendawa hingga 21 kali. Sulit bersendawa jarang terjadi, namun beberapa orang sehat tidak sanggup melakukannya karena beberapa faktor risiko selanjutnya ini:

1. Intoleransi Laktosa
Orang bersama intoleransi laktosa tidak sanggup memecah laktosa dalam produk susu sehingga mungkin mengalami kembung dan susah bersendawa pas mencoba minum susu.

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung adalah problem pencernaan bersama gejala juga gas, kembung sehabis makan, tidak sanggup bersendawa.

3. Disfungsi Upper Esophageal Sphincter (UES)
Memiliki gejala dada berdegup kencang dan ketidakmampuan bersendawa, namun belum tersedia belajar secara spesifik berkenaan penyebab susah sendawa bersama prevalensi situasi ini.

4. Dispepsia
Ketidaknyamanan perut bagian atas bersama gejala perut keroncongan, kerap sendawa atau susah sendawa, dan juga gas di perut meningkat.

Beberapa situasi selanjutnya punya gejala susah sendawa atau tingkatkan faktor risiko di mana Anda punya ketidakmampuan sendawa dalam situasi tertentu.

Pengobatan Susah Sendawa
Mengalami situasi susah sendawa tentu terlampau mengganggu karena perut terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah cara menanggulangi susah sendawa, yaitu:

1. Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasi atau minuman soda model apa pun sanggup memicu penumpukan gas di perut dan mempercepat sistem sendawa. Ini juga bakal kurangi sakit perut dan memberi tambahan dampak melegakan hawa atau gelembung di perut.

Aplikasikan tehnik minum air selanjutnya ini untuk mempercepat sendawa, yaitu:

Minum air berkarbonasi dalam jumlah banyak dan cepat untuk memaksa tubuh menelan lebih banyak hawa dan tingkatkan mungkin sendawa.
Minum air berkarbonasi memakai sedotan untuk tingkatkan tekanan hawa lebih banyak.
Bila Anda tidak sanggup minum minuman berkarbonasi, Anda sanggup minum air putih biasa bersama cara meneguknya pelan-pelan dan kemudian berdiri tegak.
Atau, minum segelas penuh air sambil mencegah napas dan menutup hidung sehingga lebih banyak hawa yang ditelan.
Semakin banyak hawa yang ditelan, bakal tambah memaksa tubuh untuk memicu sendawa keluar.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Gas
Makanan memiliki kandungan gas bakal memberi tekanan gas di perut untuk memicu sendawa. Berikut ini adalah cara menanggulangi susah sendawa bersama makanan, yaitu:

Apel
Persik
Pir
Wortel
Roti gandum
Permen
Permen karet
Jenis makanan selanjutnya bakal memicu Anda bersendawa bersama lebih cepat. Walaupun demikian, Anda harus jauhi makanan selanjutnya bila Anda punya kasus bersama penumpukan gas dan perut kembung jangka panjang.

3. Bergerak atau Olahraga
Gerakan secara intensif sanggup mendukung mengarahkan hawa naik ke atas dan muncul melalui sendawa. Anda sanggup berbaring lantas tekuk lutut ke arah dada dan rentangkan tangan ke depan sejauh. Lengkungkan punggung Anda dan mengulang sambil melindungi kepala sejajar bersama tenggorokan Anda

Anda juga direkomendasi untuk berolahraga layaknya berjalan, jogging, atau melaksanakan aerobik ringan untuk menanggulangi susah sendawa. Buat gerakan apa pun yang memicu otot perut kencang pas Anda terasa mendambakan sendawa untuk memicu seluruh hawa keluar.

4. Atur Napas
Berikut ini adalah cara menyesuaikan napas untuk menanggulangi susah sendawa, yaitu:

Duduk tegak sambil menyita napas dalam.
Hirup hawa melalui mulut masuk ke tenggorokan lantas tutup mulut bagian depan bersama lidah dan lepaskan napas perlahan.
Buang napas melalui hidung bersama tenggorokan tertutup.
Tekanan ekstra terhadap perut pas Anda menyesuaikan napas bersama benar bakal memicu gas dan hawa berlebih di saluran pencernaan naik dan muncul melalui mulut.

5. Menggunakan Antasida
Antasida adalah obat untuk menetralisir keasaman lambung untuk kurangi gejala asam lambung, mulas, problem pencernaan asam, dan sakit perut. Obat ini memiliki kandungan kalsium karbonat yang membuahkan gas berlebih yang memicu Anda untuk bersendawa.

Tips Mencegah Gas dan Perut Kembung
Sendawa adalah cara paling ringan untuk menanggulangi perut begah dan kembung dalam jangka pendek, namun yang paling perlu adalah bagaimana cara menanggulangi dan mencegah sehingga perut tidak kembung.

Berikut ini adalah tips mencegah perut kembung sehingga sendawa lancar layaknya biasa, yaitu:

Makan Pelan-Pelan: Makan cepat dalam porsi besar memicu gas menumpuk terhadap sistem pencernaan.
Olahraga: Olahraga secara tertib juga baik untuk melindungi kesegaran sistem pencernaan.
Kelola Makanan Penuh Gas: Makanan memiliki serat atau lemak layaknya kacang polong, kubis, brokoli, kol, dan sebagainya sanggup memicu perut kembung karena memiliki kandungan banyak gas.
Perut kembung memicu susah sendawa namun kebanyakan tidak butuh perhatian spesifik dan sanggup pulih bersama sendirinya, namun ingin hubungi dokter bila situasi ini tidak kunjung membaik dan diikuti bersama gejala lain layaknya diare, nyeri dada, mual dan muntah, perubahan warna tinja, dan problem pencernaan lainnya.

Baca Juga :

Comments are closed.