RUANG PENYIMPANAN

Umum

RUANG PENYIMPANAN

            Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda yang memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat  berbentuk tetap atau dapat dilepas.

            Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang seccara permanen di daam komputer seperti hard drive komputer. Media penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita, diskflash drive USB (pen drive), CD dan media lainnya. Peranti keras komputer yang membaca dari dan menulis ke media adalah sebuah drive. Media dan drive yang menggunakannya telah dihubungkan dengan sangat erat sehingga kata-kata tersebut digunakan secara sinonim oleh banyak pengguna komputer.

Ruang Penyimpanan Tetap

            Komputer micro sering disertai dengan ruang penyimpanan tetap sebesar 80 GB. Mainframe memiliki ruang penyimpanan dalam besaran terabita bahkan petabita-ribuan kali penyimpanan yang tersedia di sebuah komputer mikro.

Ruang Penyimpanan yang Dapat Dilepas

            Ruang penyimpanan yang dapat dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali ke komputer lain.

Tabel Disk yang dapat dilepas dan Kapasitas Penyimpanannya

Floppy disk 31/2 inchi menyimpan data 1,44 MB

Zip Disk dapat menyimpan data sebesar 100 MB, 250 MB atau 750 MB tergantung pada model Zip drive yang digunakan

CD dapat menyimpan data sebesar kurang lebih 650 MB

DVD dapat menyimpan data mulai dari 5 sampai 20 GB

ALAT-ALAT INPUT (INPUT DEVICES)

            Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat input dan output dan dikembangkan alat-alat untuk  memenuhi kebutuhan tersebut. Data yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor dan sebagainya. Input yang diterima dari manusia sangat penting karena memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.

            Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia yakni pertama lambat dan kedua biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang tinggi seperti data yang diterima dari mesin. Kejadian signifikan yang dapat dibaca dengan mesin terjadi ketika bisnis diharuskan untuk memasang bar code (kode batang) pada setiap produk yang dijual. Kode tersebut terlihat sebagai serangkaian garis-garis vertikal, beberapa garis lebih tebal dan lebih tipis dibandingkan garis yang lain.

            Data yang diterima dari mesin lebih baik daripada data yang diterima dari manusia karena komputer akan memasukkan data dengan biaya yang lebih rendah. Bisnis membutuhkan data akurat dalam jumlah yang besar untuk proses pengambilan keputusan. Alasan utama bagi data yang diperoleh dari mesin ialah kecepatan dan keakuratan proses penerimaan data. Biaya yang rendah hanyalah merupakan keuntungan tambahan.

Sumber: https://multiply.co.id/

Comments are closed.