Resep Cimol Cilok Beranak Siram Saus Kacang

Umum

Resep Cimol Cilok Beranak Siram Saus Kacang

Kreasi membuat cemilan sederhana ala rumahan, resep cimol cilok beranak yang disiram bumbu saus kacang ini bisa menjadi variasi dalam cara menyajikan jajanan kuliner khas Bandung yang kadung populer karena memiliki rasa yang enak dan sedap.

Dahulu kita akrab dengan singkatan aci digemol (cimol) yang dibuat dengan cara digoreng dan aci dicolok (cilok) yang diolah dengan cara direbus. Pada perkembangannya kuliner khas Bandung ini sudah menjadi bermacam-macam variasi yang tak mesti harus digemol maupun dicolok pakai tusukan sate saat menyantapnya.
Cilok Beranak
Cimol beranak cilok pun juga dapat kita kreasikan seperti halnya bakso hamil dan bakso beranak. Cilok beranak disajikan saat berkumpul keluarga, bisa menjadi hidangan favorit baik anak-anak maupun orang dewasa.

Bahan Cimol Cilok beranak

250 gram tepung aci (tapioka/kanji)
225 gram tepung terigu
350 ml air panas
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk/ penyedap
1/2 sdt merica/lada bubuk
2 siung bawang putih dihaluskan
1 batang daun bawang diiris tipis
Saus kacang :
100 gram kacang tanah, goreng matang lalu haluskan
3 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 buah cabe merah keriting (tambah cabe rawit bila ingin pedas)
30 gram gula merah
10 gram asam jawa
2 lembar daun jeruk
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
200 ml air
Cara Membuat Cimol Cilok Beranak
Bahan Adonan Cimol Cilok Beranak
Campur dan aduk rata kedua jenis tepung, garam, penyedap, merica, bawang putih dan daun bawang. Selanjutnya tuangkan air panas sambil diaduk hingga kalis. Gunakan sendok bila adonannya masih terasa panas, kemudian uleni dengan tangan agar benar-benar kalis.

Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian dibuat bola-bola atau pentol cilok kecil seukuran kelereng, sedangkan bagian lainnya sisihkan untuk adonan kulit.

Merebus Cilok
Didihkan air secukupnya, bisa tambahkan minyak goreng untuk mencegah agar cilok tidak lengket dan saling menempel. Setelah mendidih kita cemplungkan pentol cilok serta tunggu hingga mengapung dan matang, lalu angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Cimol Beranak Cilok
Ambil masing-masing 2 sendok makan dari adonan untuk kulit atau sesuai selera, bulatkan lalu pipihkan. Letakkan 10 buah cilok kecil atau menurut selera serta tutup dan bulatkan kembali.

Jika sudah selesai, cimol beranak cilok sudah siap untuk digoreng atau direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Apabila langsung digoreng, maka gunakan api kecil dan masukkan sebelum minyak mendidih, menggorengnya agak lama tergantung ketebalan kulit supaya dapat matang merata ke lapisan dalam dengan hasil kulit yang lebih renyah. Bila direbus dahulu maka cukup digoreng sebentar saja karena sudah matang setelah direbus sebelumnya.

Membuat saus kacang, haluskan bawang putih, bawang merah, cabe dan gula merah. Berikutnya tumis dengan minyak secukupnya bersama daun jeruk hingga harum. Masukkan air dan kacang tanah yang sudah dihaluskan, aduk rata serta beri garam, penyedap dan asam jawa, selanjutnya masak hingga matang mengental. Cimol cilok beranak sudah siap untuk dihidangkan bersama siraman bumbu kacangnya.

Sumber: https://okabawes.co.id/

 

Comments are closed.