Pengertian Realisme serta Fungsi dan Tujuan Lengkap

Pendidikan

Realisme adalah bentuk seni yang berfokus pada peristiwa sehari-hari yang dialami kebanyakan orang. Realitas istilah tidak menyiratkan keakuratan atau keakuratan gambar gambar dengan referensi. Konsep konseptualisasi disebut naturalisme. Konten dan kata-kata lebih benar daripada gambar. Citra realistis (naturalisme) sesuai dengan konsep representasi realistis yang ingin dicapai oleh gerakan ini.

Di Indonesia, kata “realistis” mirip dengan gaya gambar yang mirip dengan referensi asli. Realisme KBBI didefinisikan sebagai bentuk seni yang berupaya menjelaskan atau mengatakan sesuatu (KBBI, 2016).

Ketika kami mencoba untuk meniru referensi sedekat mungkin, kami mencoba untuk membuat gambar (alami) yang paling alami, dan menyerupai dan meniru format aslinya. Oleh karena itu, istilah yang paling tepat untuk ini adalah fakta bahwa itu alami, tidak realistis.

Beberapa ahli percaya bahwa realisme adalah langkah pertama dalam seni modern. Diyakini bahwa realisme menolak bentuk-bentuk tradisional dan institusi seni yang dianggap tidak berhubungan di era Revolusi Industri. Realisme yang muncul selama periode ketidakpercayaan yang ditandai oleh Revolusi Industri mempercepat dan merangsang perubahan sosial secara umum.

Sejarah aliran yang realistis

Realisme

Aliran realisme dalam seni ini ada pada abad ke-24 SM. SM, ditemukan di kota Lothal (India). Pada pertengahan abad ke-19, aliran ini menjadi sangat populer dalam gerakan budaya Prancis. Gerakan budaya ini terkait erat dengan perjuangan sosial, reformasi politik dan demokrasi.

Aliran realisme ini mendominasi dunia dari tahun 1840-an hingga 1880-an, sebagai karya seni dan sastra di Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Royal Academy of Painting and Sculpture Academy telah mendominasi penyebaran produk seni di Perancis selama hampir dua abad. Perancis adalah budaya artistik terbesar di dunia pada saat itu. Sesuai dengan maknanya, Akademi Seni Prancis telah menetapkan sejumlah standar untuk seni di seluruh Eropa.

Salah satu caranya adalah menyediakan berbagai kursus pelatihan untuk seniman muda berbakat. Akademi melakukan dan memerintahkan tindakan yang layak ditampilkan di Salon Paris Gallery.

Karakteristik aliran realistis

  • Pilih acara harian yang kebanyakan orang alami
  • Jelaskan masyarakat dan situasi modern yang nyata dan unik dengan konteks sehari-hari mereka
  • Pekerjaan praktis menunjukkan bahwa orang-orang dari semua lapisan masyarakat dalam keadaan dan latar belakang mereka
  • Realisme tidak sesuai dengan topik artistik (teater) yang berlebihan seperti Romantisisme
  • Menggunakan teknik-teknik rinci (alami) yang dikuasai oleh seniman, mereka menyerupai aslinya
  • Itu tidak termasuk kehidupan orang biasa tanpa pakaian mahal, seperti real estat mewah atau royalti.
  • Tujuan kelas atas bukan hanya untuk menunjukkan kebaikan, misalnya dengan menggambarkan pejalan kaki kelas bawah yang memicu peristiwa tragis perang akibat permainan politik kelas atas. sebab.

Baca Juga :

Comments are closed.