Prinsip-prinsip perkembangan

Pendidikan

Prinsip-prinsip perkembangan

 

  • Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti

Manusia secara terus menerus berkembang atau berubah, yang dipengaruhi oleh pengalaman atau belajar sepanjang hidupnya.

  • Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi

Setiap aspek individu baik fisik, emosi, intelegensi maupun social, satu sama lainnya saling mempengaruhi. Terdapat hubungan atau korelasi yang positif diantara aspek tersebut.

  • Perkembangan itu mengikuti pola atau arah tertentu

Setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan dari tahap sebelumnya yang merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya.

  • Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan

Perkembangan fisik dan mental mencapai kematangannya terjadi pada waktu yang berbeda (ada yang cepat dan ada yang lambat)

bergaul dengan orang lain)

  • Setiap individu yang normal mengalami tahapan/fase perkembangan

Dalam mengadapi hidup yang normal dan berusia panjang individu akan mengalami fase-fase perkembangan: bayi, kanak-kanak, anak, remaja, dewasa dan masa tua.

  • Pertumbuhan sebagai proses “menjadi”

Setiap organisme selalu mempunyai prinsip selalu berproses untuk “menjadi”. Dengan kemauannya anak mampu melakukan seleksi atau pilihan, juga mampu melati fungsi-fungsinya dengan satu kebebasan. Dan kemudian di hari anak berusaha menjadi pribadi menurut konsep, cita-cita, dan keinginan sendiri.

  • Paduan antara dorongan-dorongan mempertahankan diri dan pengembangan diri

Pada setiap orang terdapat dorongan fisik dan psikis untuk mempertahankan diri dan mempertahankan hidupnya. Berkat dorongan mempertahankan diri seseorang akan menyimpan segala pengalaman yang berguna.selanjutnya oleh pengalaman-pengalaman tersebut orang itu akan semakin menjadi pandai dan matang.

 

https://littlehorribles.com/chromecast-apk/

Comments are closed.