Perwakilan Diplomatik Indonesia

Pendidikan

Perwakilan Diplomatik Indonesia

Perwakilan Diplomatik Indonesia

Perwakilan Diplomatik Indonesia

1.Menteri Luar Negeri

Menteri Luar Negeri merupakan menteri negara yang memimpin kementerian luar negeri. Tugas pokoknya adalah menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang politk dan hubungan dengan negara lain. Peranan menteri luar negeri dalam mengemban tugass internasional disesuaikan dengan keadaan kepentingan nasional. Di masa perjuangan kemerdekaan, menteri luar negeri mengadakan perundingan/diplomasi dengan dunia internasional dan akhirnya Indonesia mendapatkan pengakuan kedaulatan.  Dalam pergaulan dunia, menteri luar negeri Indonesia mampu berperan menjadi pelopor berbagai organisasi dunia seperti berdirinya ASEAN, KAA, dan KTT Non Blok. Melalui menteri luar negeri pula, Indonesia mampu mengatasi berbagai masalah negara lain seperti terorisme, perbatasan antar negara, perjanjian ekstradisi. Juga dapat meningkatkan kerjasama dengan negara lain, di bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, tenaga kerja, dan migrasi.(http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-editorial/)

2.Perwakilan Diplomatik

Setiap negara memiliki perwakilan diplomatik. Setiap negara pada umumnya akan melakukan pertukaran perwakilan diplomatik. Pertukaran perwakilan diplomatik adalah pertukaran diplomatik antar negara, yang dilakukan dengan cara menempatkan pejabat di negara penerima. Pejabat tersebut disebut diplomat. Perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri dapat berupa kedutaan besar yang ditempatkan pada suatu negara dengan perutusan tetap yang ditempatkan pada suatu organisasi internasional. Berikut ini tugas perwakilan diplomatik.
1)Menyelenggarakan hubungan dengan negara lain
2)Mengadakan perundingan masalah-masalah yang dihadapi kedua negara dan berusaha menyelesaikannya
3)Mengurus kepentingan negara serta warga negaranya di negara lain
4)Apabila dianggap perlu dapat bertindak, sebagai tempat pencatatan sipil, pemberian paspor, dan sebagainya.

3.Perwakilan Konsuler

Perwakilan konsuler merupakan wakil negara pengirim yang melaksanakan tugas-tugas dalam bidang-bidang tertentu sesuai dengan keinginan negara pengirim. Perwakilan konsuler di negara lain berupa konsulat jenderal yang dipimpin oleh konsul jenderal dan konsulat yang dipimpin oleh seorang konsul. Tugas perwakilan konsuler adalah meningkatkan kerjasama kedua negara di berbagai bidang melalui pengumpulan informasi dari negara pengirimnya, seperti bidang perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan. Hasil pengumpulan informasi disebarluaskan kepada masyarakat luas di negara penerima.

Comments are closed.