Pengobatan Tradisional

Kesehatan

Pengobatan Tradisional

 Pengobatan Tradisional

Pengobatan Tradisional

Pengobatan tradisional merupakan bentuk pelayanan pengobatan yang menggunakan cara, alat atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan kedokteran modern dan dipergunakan sebagai alternative atau pelengkap pengobatan kedokteran modern tersebut. (Kurniasari, 2011)

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tamanan dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. (Agromedia, 2008).

Kecendrungan meningkatnya penggunaan obat tradisional disadari pada beberapa alasan yaitu harga obat-obatan buatan pabrik saat ini sudah semakin mahal, efek samping yang ditimbulkan oleh obat tradisional sangat kecil dan kandungan unsure kimia yang terkandung didalam obat tradisional sebenarnya menjadi dasar pengobatan kedokteran modern. (Agromedia, 2008).

Dari hasil penelitian Herlina (2001) menunjukkan bahwa variabel sikap dan pekerjaan berhubungan dengan pemilihan pengobatan alternative. Sementara umur, pendidikan, pendapatan, pengetahuan dan keyakinan didak berhubungan dengan pemilihan jenis pengobatan alternatif. Dari variabel-variabel tersebut, yang paling dominant hubungannya dengan pemilihan jenis pengobatan alternatif adalah sikap. Proporsi pengobatan alternatif yang memilih jenis ketrampilan adalah 62% yang terdiri dari 49% ditolong oleh tukang pijat, 10% oleh tukang pijat refleksi dan 3% oleh sinshe akupuntur. Sementara itu proporsi yang memilih pengobatan alternative jenis ramuan obat adalah 38% terdiri dari ramuan 19%, penjual jamu 16%, tabib 2% dan pengobatan dengan menggunakan pendekatan agama yang dipadukan dengan ramuan 1%.

Sumber : https://busbagus.co.id/

Comments are closed.