Pengobatan Sendiri/ Pengobatan Di Rumah

Kesehatan

Pengobatan Sendiri/ Pengobatan Di Rumah

 Pengobatan Sendiri Pengobatan Di Rumah

Pengobatan Sendiri Pengobatan Di Rumah

Pengobatan sendiri dalam pengertian umum adalah yang dilakukan orang awam untuk menanggulangi sendiri keluhan sakitnya menggunakan obat, obat tradisional, atau cara lain tanpa petunjuk tenaga kesehatan. Tujuan pengobatan sendiri adalah untuk peningkatan kesehatan, pengobatan sakit ringan dan pengobatan rutin penyakit kronis setelah perawatan dokter. Alasan pengobatan sendiri adlah praktis dari segi waktu, kepercayaan terhadap obat tradisional, masalah privasi, biaya lebih murah, jarak yang jauh ke pelayanan kesehatan dan kurang puas terhadap pelayanan kesehatan. (Supardi dkk, 2011).

Perilaku penduduk yang memilih pengobatan dirumah penduduk yang berobat jalan dalam kurun waktu setahun menurut Riskesdas 2007 sebesar 1,6% sementara menurut data Susenas 2007 penduduk yang memilih berobat dirumah sebesar 57,7%, pengobatan medis 35,5% dan pengobatan trasdisional 6,8%. (Supardi dkk, 2011).

Menurut Supardi dkk (2011) karakteristik penduduk sakit yang memilih pengobatan dirumah persentase terbesar adalah jenis kelamin perempuan, status perkawinan cerai hidup/ mati, kelompok umur pralansia/ lansia, tidak bekerja, lokasi tinggal dipedesaan dan jenis kebutuhan sakit malaria dan demam tipoid.

Sumber : https://vhost.id/

Comments are closed.