Pengertian Tentang Tenggang Rasa

Pendidikan

Pengertian Tentang Tenggang Rasa

 

Pengertian Sikap Tenggang Rasa

Pengertian Tentang Tenggang Rasa – Sikap tenggang rasa adalah suatu sikap hidup dalam ucapan, perbuatan, dan tingkah laku yang mencerminkan sikap  menghargai dan menghormati orang lain. Kita harus dapat bergaul dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Dengan tenggang rasa kita dapat merasakan atau menjaga perasaan orang lain sehingga orang lain tidak merasa tersinggung. Sikap tenggang rasa merupakan sikap yang memiliki nilai budi pekerti yang baik. Dengan memiliki sikap tenggang rasa ini, kita bisa menempatkan diri pada lingkungan pergaulan dengan benar sehingga tercipta suasana yang rukun, harmonis, serasi, selaras, dan seimbang.

Pengertian Tentang Tenggang Rasa

Pelaksanaan sikap tenggang rasa

  • Menghormati hak-hak orang lain.
  • Kerelaan membantu teman yang mengalami musibah.
  • Kesediaan menjenguk teman yang sedang sakit.
  • Kemauan mengendalikan sikap, perbuatan, dan tutur kata yang dapat menyinggung atau melukai perasaan orang lain.

Manfaat Memupuk dan Mengembangkan Sikap Tenggang Rasa

Kita perlu menyadari bahwa setiap orang mempunyai hak dan kewajiban asasi yang sama. Oleh karena itu kita harus bertenggang rasa terhadap orang lain agar mereka mendapatkan kesempatan menerima hak-haknya dan melaksanakan kewajibannya dengan sedang baik-baiknya. Kita wajib menjaga dan menghormati hak dan kewajiban orang lain agar hak dan kewajiban kita juga dihormati oleh orang lain.

Sikap tenggang rasa dapat kita kembangkan melalui beberapa bentuk. Misalnya, apabila teman kita mendapat musibah, kita harus berusaha memberikan pertolongan atau bantuan semampu kita. Kita harus dapat ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain. Apabila teman kita sedang sakit, kita harus segera menjenguknya agar hatinya terhibur sehingga cepat sembut. Di dalam berteman kita harus selalu mengendalikan sikap dan tingkah laku serta tutur kata agar tidak menyinggung atau menyakiti orang lain, sehingga hubungan antarteman akan terjalin terus dengan baik.

 

Untuk itu sikap-sikap bijaksana

Jika kita tidak senang dihina orang, janganlah kita menghina orang lain.

  1. b)Jika kita tidak senang dianggap remeh orang, jangan pula kita menganggap remeh orang lain.
  2. c)Jika kita tidak mau hak kita diganggu, janganlah mengganggu hak orang lain.

Sikap tenggang rasa merupakan suatu sikap yang sangat perlu untuk dikembangkan dalam kehidupan, baik di keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Jika sikap tenggang rasa tersebut senantiasa dikembangkan dalam kehidupan akan memberikan manfaat yang dapat menguntungkan diri sendiri dan  juga orang lain. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya:

  1. a)Menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhada sesama.
  2. b)Menciptakan suasana yang aman dan tentram dalam kehidupan antar sesama.
  3. c)Mempererat rasa kekeluargaan dan keakraban antar sesama sehingga akan melahirkan suatu masyarakat yang adil dan makmur yang berdasar Pancasila.
  4. d)Memupuk rasa tanggung jawab pada diri sendiri untuk melindungi dan membantu satu sama lain.
  5. e)Memupuk rasa kebersamaan sehingga dapat menciptakan suatu kerukunan dalam kehidupan

Sumber : https://ngelag.com/

Comments are closed.