PENGERTIAN PENELITIAN

Kesehatan

PENGERTIAN PENELITIAN

  1.  Tinjauan secara Etimologis

Secara etimologis, istilah research berasal dari dua kata, yaitu re dan searchRe berarti kembali  atau berulang-ulang dan search berarti mencari, menjelajahi, atau menemukan makna. Dengan demikian penelitian atau research berarti mencari, menjelajahi atau menemukan makna kembali secara berulang-ulang (Sudarwan Danim dan Darwis, 2003 : 29)

  1.  Menurut Ary, Jacobs, dan Razafieh (1992 : 44)
  2. Penelitian dapat dirumuskan sebagai pendekatan ilmiah pada pengkajian masalah.
  3. Penelitian merupakan usaha sistematis dan objektif untuk mencari pengetahuan yang dapat dipercaya.
  4.  Menurut Ostle (Moh. Nazir, 1997 : 15)
  5. Penelitian dengan mengunakan metoda ilmiah (scientific method) disebut penelitian ilmiah (scientific research).
  6. Dalam penelitian ilmiah selalu ditemukan 2 unsur penting, yaitu unsur observasi (empiris) dan nalar (rasional).

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ilmiah merupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang melibatkan unsur penalaran dan observasi untuk menemukan, memferivikasi, dan memperkuat teori serta untuk memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan.

  1. ..TUJUAN PENELITIAN

Ada tujuan tertentu yang akan dicapai melalui penelitian. Berdasarkan kesimpulan tentang pengertian penelitian sebagaimana dikemukakan di atas dapat diidentifikasi tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut.

  1. Untuk memperoleh data empiris yang dapat digunakan dalam merumuskan, memperluas, dan memverifikasi teori. Tujuan penelitian seperti ini dimiliki oleh ilmu-ilmu murni (pure science).
  2. Untuk memecahkan persoalan yang ada dalam kehidupan. Tujuan penelitian semacam ini terdapat pada ilmu-ilmu terapan (applied sciences)
  1. ..UNSUR-UNSUR PENELITIAN

Penelitian merupakan sistem berpikir dan bertindak, artinya ada berbagai faktor dan tindakan yang harus dipikirkan dan dilakukan sehingga tujuan bisa tercapai. Sebagai suatu sistem, penelitian terdiri dari berbagai unsur yang saling berhubungan secara fungsional. Sebagai suatu sistem, penelitian memiliki unsur-unsur sebagai berikut :

  1. permasalahan
  2. teori dan konsep-konsep ilmiah
  3. variabel
  4. hipotesis (fakultatif)
  5. populasi, sampel, dan teknik sampling
  6. data
  7. instrumen pengumpul data
  8. teknik analisis data.

Sumber: https://worldfreeweb.com/cara-mengobati-kucing-sakit-lemas/

Comments are closed.