Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli

Pendidikan

Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli

  • Phillip Kotler

Layanan ini setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dalam intangibel prinsip dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan. Produksi dapat terhubung dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.


  • Adrian Payne

Jasa adalah kegiatan ekonomi yang memiliki sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan pelanggan atau dengan barang-barang, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Emitor perubahan kondisi dapat muncul dan produksi layanan mungkin memiliki atau mungkin tidak memiliki koneksi dengan produk fisik.


  • Christian Gronross

Jasa adalah suatu proses yang terdiri dari serangkaian kegiatan berwujud yang biasanya tetapi tidak selalu terjadi pada interaksi antara pelanggan dan layanan karyawan dan atau sumber daya fisik atau barang atau penyedia sistem, yang disediakan sebagai solusi untuk masalah pelanggan “.


Interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan sering terjadi dalam pelayanan, bahkan jika pihak yang terlibat mungkin tidak menyadari hal itu. Selain itu, dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa.


  • Zeithaml dan Bitner

Dalam Lupiyoadi dan Hamdani (2011), menyatakan bahwa “Layanan adalah semua kegiatan ekonomi yang menghasilkan output tidak dalam bentuk produk fisik atau bentuk yang biasanya dikonsumsi selama produksi, dan memberikan nilai tambah dalam bentuk seperti kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan”.


  • Lovelock Dan Wright (2002)

Jasa adalah suatu tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak lain. Meskipun proses dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik, kinerja pada dasarnya intagible dan biasanya tidak menghasilkan kepemilikan salah satu faktor produksi.


Layanan jasa adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai dan memberikan manfaat bagi pelanggan pada waktu dan tempat tertentu, sebagai akibat dari membawa perubahan yang diinginkan di atau atas nama penerima layanan.


Baca Juga :

Comments are closed.