PENGERTIAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Pendidikan

PENGERTIAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENGERTIAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Secara garis besar masyarakat multikultural didefinisikan sebagai istilah dari keanekaragaman yang kompleks antara suatu penduduk yang hidup menjadi satu wilayah dan dapat menerima perbedaan antara satu dengan lainnya. Dalam masyarakat multikultural sikap toleransi dan dapat menerima keragaman adalah hal yang paling dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu masyarakat multikultural juga dapat diartikan sebagai pemahaman, penghormatan, ataupun penilaian terhadap budaya yang dimiliki oleh orang lain. Pada dasarnya masyarakat multikultural sendiri adalah pandangan terhadap dunia yang memiliki beragam jenis kebijakan budaya, agama, ras, ataupun suku yang dianggap sebagai salah satu komponen dalam kehidupan yang ada di dunia.

Terdapat tiga pandangan terhadap keanekaragaman budaya yaitu multikulturalisme, monokulturalis, dan asimilasi, yang ketiga pandangan tersebut memiliki perbedaan. Multikulturalisme sendiri muncul pada akhir abad ke 19 di bangsa Eropa dan menjadi kebijakan resmi yang dimulai oleh negara Afrika, lalu multikulturalisme mulai banyak diadopsi oleh sebagian besar bangsa Uni Eropa.

Walaupun baru dikenal pada akhir abad 19 sebenarnya paham multikulturalisme telah ada sejak dahulu, sebagai contoh di Indonesia sendiri telah menerapkan paham tentang keragaman budaya sejak saat pertama kali merdeka. Paham tersebut disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika, yang berisikan tentang beragam suku, agama, budaya, maupun bahasa merupakan bagian dari Indonesia.


Baca Juga :

Comments are closed.