Pengertian Hukum

Pendidikan

Table of Contents

Pengertian Hukum

Pengertian Hukum

Hukum berasal dari bahasa Arab yang berbentuk mufrad (tunggal). Kata jamaknya diambil alih dalam bahasa Indonesia menjadi “Hukum”. Secara bahasa hukum “mencegah”, hukum juga berarti qadla’ yang artinya “putusan”.

Defenisi hukum menurut para beberapa ahli :

Aristoteles

hukum adalah sesuatu yang berbeda dari pada sekedar mengatur dan mengekspresikan bentuk dari konstitusi dan hukum berfungsi untuk mengatur hakim dan putusannya dipengadilan untuk menjatuhkan hukuman terhadap pelanggar.

Menurut Wiryono Kusumo, hukum adalah kesatuan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan terhadap pelanggarnya dikenakan sanksi.

Menurut Utrech, hukum adalah himpunan peraturan berupa perintah ataupun larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan.

Menurut Van Ken, hukum adalah keseluruhan aturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia didalam masyarakat.

Dan Menurut Paul Bohannan, hukum adalah berupa himpunan kewajiban yang telah dikembangkan kembali dalam prata hukum.

Ilmu hukum yang mempunyai objek hukum menelaah hukum sebagai suatu gejala atau fenomena kehidupan manusia. Seseorang yang berkeinginan mengetahui hukum secara mendalam sangat perlu mempelajari hukum dari lahir, tumbuh dan berkembangnya dari masa ke masa.

Sedangkan tujuan hukum itu sendiri mempunyai sifat universal seperti ketertiban, ketentraman, kedamaian, kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam tata kehidupan masyarakat.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/

Comments are closed.