Pengertian Ginjal

Pendidikan

Pengertian Ginjal

Pengertian Ginjal

Ginjal memainkan peran-peran

kunci dalam fungsi tubuh, tidak hanya dengan menyaring darah dan mengeluarkan produk-produk sisa, namun juga dengan menyeimbangkan tingkat-tingkat elektrolit-elektrolit didalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah.

Ginjal berlokasi dalam perut ke arah kebelakang, normalnya satu pada setiap sisi dari spine (tulang belakang). Mereka mendapat penyediaan darah melalui arteri-arteri renal secara langsung dari aorta dan mengirim darah kembali ke jantung via vena-vena renal ke vena cava. Istilah “renal” berasal dari nama Latin untuk ginjal.


Ginjal-ginjal mempunyai kemampuan untuk memonitor jumlah cairan tubuh, konsentrasi-konsentrasi dari elektrolit-elektrolit seperti sodium dan potassium, dan keseimbangan asam-basa dari tubuh, juga  menyaring produk-produk sisa dari metabolisme tubuh, seperti urea dari metabolisme protein dan asam urat dari uraian DNA. Dua produk-produk sisa dalam darah dapat diukur: blood urea nitrogen (BUN) dan creatinine (Cr).


Tetapi ginjal manusia juga sangat rentan terhadap xenobiotik karena ginjal menerima 25% curah jantung. Glomeruli menyaring kira-kira 180 liter darah per hari dan tubulus yang tersisa harus menangani hasil saringan yang banyak sekali.


Walaupun proses fisiologi ini sangat efektif dalam proses ekskresi dan pemeliharaan air serta keseimbangan elektrolit, proses ini dapat membiarkan xenobiotikterkonsentrasi di dalam ginjal. Pada kenyataannya, walaupun kadar xenobiotik yang beracun dalam serum masih berada pada ambang yang dapat di terima, konsentrasi xenobiotik tersebut di dalam ginjal dapat mencapai tingkat keracunan.


Sumber: https://periskop.co.id/zombie-diary-2-apk/

Comments are closed.