Pengertian Dan Sifat Kimia Asam Cuka

Pendidikan

Memahami formula asam cuka asam dan cuka kimia – Kesempatan ini kita masuk ke dalam diskusi tentang cuka asam. Untuk detail lebih lanjut, lihat ulasan berikut:

Memahami dan formula cuka

Cuka atau asam astenoat adalah asam organik yang dikenal sebagai rasa asam dalam makanan atau minuman. Asam cuka memiliki rumus kimia C2H4O2, rumus ini sering ditulis CH3CO2H atau CH3COOH atau CH3-COOH. Cuka glasial adalah cairan higroskopis tidak berwarna yang memiliki titik beku 16,7 ° C. Dalam cuka itu terkandung 3-9% dari volume cuka, sehingga cuka adalah bahan utama dari air cuka yang berbeda. Cuka asam memiliki rasa asam dan memiliki bau yang kuat. Cuka diproduksi sebagai prekursor untuk polivinil asetat dan selulosa asetat, sementara itu juga diproduksi untuk cuka untuk konsumsi domestik. Meskipun cuka adalah asam lemah, asam asetat dapat menyerang kerutan dan bersifat korosif.

Asam ini adalah salah satu asam cerboxilate paling sederhana setelah asam format. Cuka jika dilarutkan dalam air akan menjadi asam lemah, yang berarti hanya sebagian yang terdisosiasi menjadi ion H + dan CH3COO. Asam asetat adalah bahan baku industri yang paling penting dan reagen kimia. Cuka digunakan dalam produksi polimer seperti polietilen tereftalat, polivinil asetat dan selulosa asetat dan dalam berbagai serat dan kain. E260 adalah kode asam asetat dalam industri makanan yang digunakan sebagai pengatur keasaman. Dalam kegiatan sehari-hari, asam asetat sering digunakan untuk pelunak air.

Sifat kimia

Keasaman cuka
H atau asam hidrogen dalam gugus karboksil (-COOH) dalam asam karboksilat seperti cuka dapat dilepaskan sebagai ion protonik atau H + melalui proses ionisasi CH3Co2H -> CH3CO-2 + H
Dengan ini, cuka memiliki sifat asam. Cuka adalah asam monoprotik lemah dengan nilai pKa = 4,76. Nilai basa konjugat adalah asetat (CH3COO-). Nilai basa konjugat adalah asetat (CH3COO-). Larutan cuka 1,0 M atau sekitar konsentrasi cuka dalam negeri yang sama dengan pH sekitar 2,4 menunjukkan bahwa sekitar 0,4% dari molekul asam asetat dapat terdisosiasi.

Rumus kimia secara lengkap dijelaskan pada https://rumusrumus.com/

Comments are closed.