Pendekatan Kualitatif

Uncategorized

Pendekatan KualitatifPendekatan Kualitatif

Metode analisis kualitatif (qualitative analysis method), yaitu  metode analisis risiko yang menggunakan tabulasi berdasarkan penilaian deskriptif (tinggi, sedang atau rendah). Berikut ini beberapa teknik penanganan risiko dalam metode kualitatif.

            Pendekatan Dua Langkah

Sesudah manajer risiko mengidentifikasikan dan mengukur kerugian potensial, maka ia harus menyiapkan suatu daftar penutupan asuransi yang dirasa paling jitu menutup kerugian ini. Penutupan dalam daftar itu dibagi dalam 3 golongan utama atas dasar keparahan kerugian yang ditutupnya. Kemudian manajer risiko meninjau kembali kontrak asuransi dalam setiap golongan untuk menetapkan yang mana diantara kerugian-kerugian ini yang mungkin lebih memuaskan ditangani dengan cara-cara lain dari asuransi.[1]

            Pendaftaran Sementara

Dalam langkah pertama, manajer risiko harus menetapkan : pertama, kombinasi penutupan asuransi yang dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap risiko yang dihadapi perusahaan yang bersangkutan. Untuk penetapan ini pihak manajer risiko harus mengerti kontrak asuransi dan penetapan harga asuransi. Tujuannya adalahuntuk mengadakan perlindungan yang paling lengkap dengan biaya yang paling murah. Oleh karena itu tidak semua risiko bias diasuransikan maka dengan membuat daftar ini, manajer risiko akan lebih waspada bahwa  risiko seperti ini harus segera ditangani dengan cara lain bukan dengan asuransi.

 

Comments are closed.