PENDANAAN INVESTASI

Pendidikan

PENDANAAN INVESTASI

PENDANAAN INVESTASI

PENDANAAN INVESTASI

Karena keputusan investasi didasarkan pada aliran kas, maka pajak atas laba merupakan unsur informasi penting yang ikut dipertimbangkan dalam perhitungan aliran kas untuk pengambilan keputusan investasi. Jika suatau usulan investasi diperkirakan akan mengakibatkan penghematan biaya atau tambahan pendapatan, maka disisi lain akan mengakibatkan timbulnya laba diferensial, yang akan menyebabkan tambahan pajak penghasilan yang akan dibayar oleh perusahaan. Oleh karena itu dalam memperhitungkan aliran kas keluar dari investasi, perlu diperhitungkan pula tambahan atau pengurangan pajak yang harus dibayar akibat adanya penghematan biaya atau penambahan pendapatan tersebut dan sebaliknya.
Dalam perencanaan pajak, kita harus memperhatikan sumber dari mana modal yang akan ditanamkan diperoleh yang nantinya akan menentukan besarnya biaya modal (cost of capital) dan biaya modal ini yang digunakan sebagai dasar untuk memilih rencana investasi yang dilakukan. Modal untuk melakukan investasi sebaiknya diperoleh dari pinjaman. Dimana bunga modal pinjaman yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangkan dari penghasilan untuk penentuan laba kena pajak, sehingga pembayaran bunga modal pinjaman akan menimbulkan penghematan pajak (tax saving).
Dapat disebutkan beberapa jenis-jenis investasi yang ada antara lain :
a. Investasi yang tidak menghasilkan laba (non-provit investment).
Investasi yang timbul karena adanya peraturan pemerintahatau karena syarat-syarat kontrak yang telah disetujui, yang mewajibkan perusahaan untuk melaksanakannya tanpa mempertimbangkan laba atau rugi.
b. Investasi yang tidak dapat diukur labanya (non-measurable provit investment).
Investasi ini dimaksudkan untuk menaikan laba, namun dengan investasi ini laba yang diharapkan perusahaan sulit untuk dihitung secara teliti. Contoh : Pengeluaran biaya promosi, dalam jangka panjang, biaya penelitian dan pengembangan, dan biaya program pelatihan pendidikan karyawan.
c. Investasi dalam penggantian equipment (replacement investment).
Investasi yang meliputi pengeluaran untuk pengganian mesin dan ekuipmen yang ada.biasanya digunaan atas dasar pertimbangan adanya penghematan biaya atau kenaikan produktivitas dengan adanya penggantian biaya tersebut.
d. Investasi dalam perluasan usaha (expansion investment).
Merupakan pengeluaran untuk menambah kapasitas  produksi sehinnga operasi menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Comments are closed.