Nutrisi Yang Didapat Tubuh Jika Mengkonsumsi Susu

Kesehatan Pendidikan

Pengertian

Susu adalah produk berbasis protein yang populer. Selain rasanya yang enak, susu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa orang tahu bahwa susu baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, susu sapi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat jika ditelan setiap hari. Berikut beberapa tips manfaat minum susu setiap hari.

Manfaat susu bagi kesehatan

Kulit yang cantik

Kecantikan kulit merupakan salah satu manfaat minum susu setiap hari. Jika Anda pernah mendengar bahwa mandi susu baik untuk kecantikan kulit, mungkin ini benar. Susu mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan penampilan kulit. Susu mengandung asam laktat, yang membantu mengencerkan.

Susu juga mengandung asam amino yang melembabkan kulit. Susu juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat racun di lingkungan. Namun, susu bisa memperburuk kulit jika ia alergi susu atau produk olahannya.

Pemulihan otot

Salah satu manfaat minum susu setiap hari adalah untuk pemulihan otot setelah berolahraga. Susu mengandung protein yang membantu membangun kembali otot.

Jika Anda minum segelas susu setelah berolahraga, tubuh Anda menyerap protein yang dapat memulihkan aktivitas otot Anda. Susu juga membantu mencegah sakit perut dan meningkatkan jumlah air yang hilang saat berolahraga.

Jauhkan beban ekstra

Salah satu manfaat minum susu setiap hari adalah menjaga berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum susu rendah lemak atau rendah lemak mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak.

Susu adalah minuman pertama sebelum makan makanan sehat. Tambahkan secangkir susu untuk makan malam atau minum secangkir susu sambil makan buah.

Kesehatan tulang dan gigi

Salah satu manfaat minum susu setiap hari adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak seiring bertambahnya usia, tetapi orang dewasa juga membutuhkannya untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Susu juga ideal untuk gigi yang kuat dan membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Anda juga perlu mengonsumsi vitamin D untuk menyerap kalsium ke seluruh tubuh. Jika Anda kekurangan Vitamin D, tambahkan susu yang diperkaya dengan Vitamin D untuk menyerap kalsium dalam tubuh Anda.

Ini membantu tubuh pulih dari penyakit

Salah satu manfaat minum susu setiap hari adalah membantu tubuh sembuh selama proses pemulihan pasca sakit. Bagi orang yang baru sembuh dari penyakit, minum susu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh.

Terbukti kandungan protein dalam susu memungkinkan pembentukan sel / jaringan baru, yang meningkatkan proses pemulihan tubuh.

Manfaat lainnya

kandungan dalam susu

1. Memperkuat kaki

Manfaat pertama susu adalah kaya akan kalsium dan fosfor, mineral yang memperkuat tulang.

Sapi, selain tulang, bisa merangsang pertumbuhan gigi dan menggantikan sel yang rusak.

2. Baik untuk penderita anemia

Fungsi kedua susu adalah sebagai bahan sehat bagi penderita anemia.

Oleh karena itu, penderita anemia memiliki kandungan hemoglobin yang lebih rendah.

Manfaat susu termasuk zat besi, yang membantu pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

3. Tetap fit dengan tubuh

Manfaat susu bagi tubuh adalah bisa tetap sehat!

Ini karena kandungan magnesium, yang menormalkan jantung dan beberapa sistem saraf.

Dalam hal ini, magnesium berperan dalam memerangi kelelahan di siang hari.

4. Menjaga kesehatan jantung

Susu merupakan sumber kalium yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah.

Mark Huston, direktur Institut Hipertensi St. Louis. Rumah sakit, kata Dr. Di Thomas, Tennessee, meningkatkan asupan kalium dan menurunkan natrium dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular (penyakit kardiovaskular).

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.069 mg potasium per hari, 49% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal.

Hasil penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan yang dikonsumsi sekitar 1.000 mg per hari.

5. Mencegah diabetes

Susu kaya akan berbagai nutrisi dan mineral yang meningkatkan manfaat pencernaan serta mengatur kadar insulin dan insulin.

Karena itu, meski susu cocok untuk penderita diabetes, pilihlah susu bebas gula.

6. Meningkatkan vitamin D

Makan susu setiap hari memperkaya tubuh Anda dengan Vitamin D.

Jumlah vitamin D yang tepat mendukung produksi hormon serotonin yang berhubungan dengan suasana hati.

Apalagi manfaat susu juga menunjang pola tidur dan membantu menambah nafsu makan.

7. Baik untuk wanita yang sedang haid

Keuntungan lain dari susu adalah sangat baik untuk mendapatkan energi selama menstruasi.

Baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang
Susu mengandung banyak nutrisi penting yang menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, tetapi juga diperlukan bagi orang dewasa untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Mengurangi efek siklus menstruasi
Usahakan untuk membiasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, terutama bagi wanita yang sering tidak senang dengan menstruasi. Kalsium berperan penting dalam mengurangi efek PMS yang berlebihan.

tidur nyenyak
Anda bisa merilekskan sistem saraf dengan meminum secangkir susu hangat sebelum tidur. Ditambah, zat dalam susu disebut triptofan, yang diubah menjadi hormon bernama melatonin, sehingga Anda bisa tidur di malam hari.

Kaya kalsium dan protein
Banyak produk susu sekarang mengandung kalsium dan protein tinggi yang melebihi kebutuhan harian untuk zat ini. Bahkan produk susu rendah lemak seperti yogurt dan keju rendah lemak. Misalnya, satu cangkir yogurt skim dapat menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda hingga sepertiga dari jumlah kalsium harian yang Anda rekomendasikan.

Tidak semua produk susu membuat Anda gemuk
Jangan berasumsi bahwa ASI Anda akan cepat gemuk. Ada berbagai jenis susu yang beredar di pasaran. Periksa label nutrisi pada karton susu yang Anda beli. Jika Anda takut lemak tetapi ingin mendapatkan vitamin dan mineral dari susu, Anda bisa memilih susu yang mengandung gula dan lemak.

Jauhkan beban ekstra
Banyak orang melewatkan susu mereka selama diet mereka. Namun, studi tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak lebih banyak mengalami penurunan berat badan dibandingkan wanita yang tidak. Nasi yang dicampur buah segar bisa menggantikan nasi saat makan malam.

Cacing penetral
Peran lain dari susu adalah menetralkan racun di dalam tubuh. Contohnya adalah membersihkan paru-paru dari polusi udara. Kedua, ini membantu membuang racun terutama bagi mereka yang melakukan banyak pekerjaan lapangan karena berbagai jenis polutan yang diserap kulit melalui tubuh.

Mencegah dehidrasi
Jika Anda minum susu setiap hari, Anda bisa mencegah dehidrasi. Seperti manfaat bagi tubuh dari air biasa, susu berperan dalam mengisi kembali cairan tubuh yang hilang dan juga menyediakan vitamin dan mineral bagi tubuh selama aktivitas tinggi.

Saluran pencernaan yang lancar
Minum susu dapat meningkatkan sistem pencernaan. Inilah solusi bagi seseorang yang makan pepaya dan memiliki sistem pencernaan yang tidak lancar. Minum susu sebelum tidur juga menjadi salah satu cara untuk melancarkan pencernaan di pagi hari.

Mengurangi kelelahan setelah berolahraga
Susu merupakan nutrisi yang baik untuk orang yang rutin berolahraga. Berbagai nutrisi dalam susu, terutama protein, membantu menutrisi otot Anda setelah olahraga ringan atau berat. Sulit untuk lelah.

Comments are closed.