Novastar Ventures menjadi $ 200 juta dana VC Afrika setelah kenaikan $ 108 juta

Teknologi

Novastar Ventures menjadi $ 200 juta dana VC Afrika setelah kenaikan $ 108 juta

 

Novastar Ventures menjadi $ 200 juta dana VC Afrika setelah kenaikan $ 108 juta

Novastar Ventures menjadi $ 200 juta dana VC Afrika setelah kenaikan $ 108 juta

Startup Afrika memiliki $ 100 juta lagi di VC untuk diluncurkan setelah kenaikan terbaru Novastar Ventures .

Kelompok investasi berbasis di Nairobi dan Lagos mengumumkan telah menutup $ 108 juta komitmen baru untuk meluncurkan Dana Afrika II, yang membawa total modal Novastar menjadi $ 200 juta.

Dengan sumber daya tambahan, perusahaan berencana untuk melakukan 12 hingga 14 investasi di seluruh benua, menurut Direktur Pelaksana Steve Beck. Dia berbicara dengan TechCrunch tentang rencana Novastar Ventures untuk dana baru.

Pembaruan penting untuk fokus VC Novastar adalah cakupan geografis. Perusahaan ini awalnya didirikan bersama di Kenya oleh Beck dan investor Inggris Andrew Carruthers dan membangun portofolio pertamanya terutama di sekitar perusahaan yang berbasis di Afrika Timur. Novastar Venturesmelakukan 15 investasi dengan dana pertamanya, termasuk perusahaan-perusahaan seperti startup energi SolarNow yang fokus di Kenya dan Kenya dan usaha agtech M-Farm .

“Dana kedua pada dasarnya adalah strategi yang sama dengan yang pertama, tetapi … perbedaan terbesar adalah bahwa kami membuka front kedua di Afrika Barat – lebih khusus untuk berada di dalam dan di sekitar sistem kewirausahaan di Lagos,” kata Beck kepada TechCrunch melalui telepon .

Sebelum menutup Dana Afrika II-nya, Novastar Ventures telah melakukan beberapa investasi di Afrika Barat, termasuk memimpin putaran di startup transit sepeda motor Nigeria berdasarkan permintaan Max.ng dan mendukung perusahaan kesehatan Ghana, MPharma. Novastar membuka kantor Lagos pada 2019.

Mengenai jenis-jenis startup yang akan ditargetkan Novastar dengan dana barunya, fokusnya lebih pada misi

daripada silo industri, menurut co-founder Steve Beck. “Kami adalah agnostik sektoral. Saya akan menggambarkan kami lebih sebagai dana segmen daripada dana sektor, ”katanya.

“Kami benar-benar mencoba mencari bisnis yang disebut bisnis terobosan, [Mereka] yang menangani masalah terbesar di pasar terbesar.”

Itu telah membuat Novastar Ventures berinvestasi di perusahaan digital dalam pendidikan, akses informasi, agtech, mobilitas, dan energi off-grid.

“Pada dasarnya apa yang kami lakukan adalah mencari bisnis-bisnis yang menangani kebutuhan dasar, barang-barang dasar, dan layanan di seluruh pasar massal sesungguhnya di benua itu,” kata Beck.

Mengenai apakah perusahaan itu merupakan dana dampak khusus, Beck berkata, “Cara kita mengkarakterisasi diri kita sendiri adalah kita adalah dana ventura komersial dengan layar dampak.”

Mengenai jumlah dan jenis investasi, Novastar Ventures cukup fleksibel untuk ukuran tiket, dari seed hingga tahap selanjutnya.

“Kita akan … memiliki beberapa perusahaan portofolio di mana kita bekerja jutaan dolar atau kurang atau kita akan memiliki beberapa tempat kita menaruh $ 8 atau $ 9 juta dolar melalui berbagai putaran modal. Itu … strategi penyebaran, “kata Beck.

Novastar Ventures bekerja erat dengan perusahaan portofolionya, menurut salah satu pendiri perusahaan.

“Kami adalah investor yang sangat aktif dan selalu duduk dekat dengan para pengusaha. Kami sering adalah investor institusi pertama yang mereka miliki. ”

Pasar VC Top Afrika 2019
Kredit Gambar: TechCrunch

Startup yang ingin memberikan penawaran kepada perusahaan dapat menjangkau pendiri dan direktur dana melalui situs web atau LinkedIn, menurut Beck. Dia menambahkan bahwa Novastar Ventures merekrut untuk menambah anggota lain ke tim investornya pada tahun 2020.

Pertambahan terbaru perusahaan dan jumlah modal $ 200 juta menciptakan dana bernilai tinggi lain yang berfokus pada startup Afrika.

Pada perkiraan tingkat tinggi, ekosistem teknologi benua mencapai $ 2 miliar pada VC untuk startup pada 2019, dibandingkan dengan kurang dari setengah miliar dolar lima tahun lalu.

Toko-toko VC besar yang berfokus di Afrika lainnya termasuk TLcom Capital – yang menutup dana $ 71 juta

pada bulan Februari – dan Partech, yang menggandakan dana Afrika menjadi $ 143 juta pada tahun 2019. Senjata ventura dari perusahaan global besar juga menjadi lebih aktif dalam teknologi Afrika baru-baru ini. , termasuk Goldman Sachs dan Visa.

Sumber:

https://danu-aji-s-school.teachable.com/blog/209407/picsartapk

Comments are closed.