Mengenal Power Supply Komputer dan Contohnya Gambar

Teknologi

Power Supply Komputer

Computer Power Supply adalah perangkat yang menurunkan tegangan catu daya dari AC 220V ke 12V DC dan 5V DC dan 3.3V DC sehingga dapat digunakan oleh komputer untuk memulai perangkat mereka.

Tegangan 3 V hingga 5 V DC digunakan untuk sirkuit digital seperti prosesor dan sebagainya. Sementara 12 V DC digunakan sebagai driver untuk perangkat seperti CD, DVD dan hard drive atau kipas (jika ada). Kapasitas daya didasarkan pada daya. Watt adalah hasil dari membagi tegangan menjadi volt dan arus dalam

powersupply

Permasalahan pada power supply

Jika ada komponen yang benar-benar ada dan sangat vital di komputer, komponen catu daya ini. Catu daya komputer bukan hanya kotak logam yang diisi dengan perangkat elektronik, tetapi catu daya adalah jantung komputer. Tanpa catu daya, komputer tidak akan bisa hidup.

Di masa lalu, selama periode IBM PC di atas 1990, ada tombol besar yang digunakan untuk memulai komputer. Tombol ini ditenagai oleh catu daya 120 volt. Tapi sekarang cukup tekan tombol yang lebih kecil, lebih kecil dan hubungkan ke motherboard, bukan ke catu daya.

Saat tombol ditekan, motherboard akan memberi sinyal ke sumber listrik untuk menyalakan kunci kontak. Menyalakan komputer Anda, selama tersambung ke outlet listrik, akan memberikan daya siaga atau disebut VSB. Karena itu, tombol akan bekerja ketika ditekan.
Masalah dengan catu daya

Catu daya komputer adalah perangkat yang sangat rentan untuk merusak komputer pribadi. Catu daya biasanya merupakan bagian yang menerima tekanan langsung ketika komputer beroperasi, yaitu beroperasi terus menerus tanpa menghentikan penerimaan daya AC dan mengubahnya menjadi DC.

Kerusakan pada catu daya sering disebabkan oleh suhu operasi yang tinggi yang mengakibatkan kerusakan pada perangkat. Ini biasanya disebabkan oleh pukulan fan pukulan. Kerusakan catu daya ditunjukkan oleh bau pengapian sebelum komputer dimatikan.

Secara umum, itu bau jika komponen dalam catu daya komputer terlalu panas atau terlalu panas. Tetapi jika tidak berbau terbakar, tetapi komputer tidak mau hidup, Anda bisa mengujinya langsung tanpa motherboard.

Untuk menguji catu daya atau tidak, Anda dapat melakukannya tanpa motherboard. Caranya adalah dengan menyiapkan kabel ukuran kecil atau klip kertas yang dibentuk pada huruf U. Lalu, ambil kabel listrik yang biasanya menempel pada motherboard.

Cari kabel hijau. Kemudian colokkan salah satu ujung kabel pendek atau klip kertas ke colokan pada kabel hijau. Sedangkan ujung lainnya adalah konektor yang ditempati oleh kabel hitam sepanjang kabel hijau. Setelah itu, hubungkan catu daya ke listrik PLN. Jika kipas listrik berputar, catu daya masih dapat digunakan.

Sumber : https://www.Videomax.co

Comments are closed.