Mengenal Apa Itu Gajah Laut

Pendidikan

Mengenal Apa Itu Gajah Laut

Mengenal Apa Itu Gajah Laut

Mengenal Apa Itu Gajah Laut

Gajah laut

termasuk satwa langka yang sangat dilindungi. Terdapat dua spesies gajah laut yaitu gajah laut utara dan gajah laut selatan.

Gajah laut utara tinggal di sepanjang garis pantai California, Amerika Serikat, meski mereka lebih sering menjelajah ke pulai-pulau lepas pantai. Gajah laut selatan terdapat di Antartika dan Sub Antartika, yang memiliki kondisi alam sangat keras dan sangat dingin.

Sekilas bentuk badan satwa ini mirip dengan anjing laut, tetapi kalau diperhatikan lebih cermat, satwa ini memiliki hidung yang bentuknya mirip belalai gajah. Itulah sebabnya satwa ini disebut Gajah Laut. Suara mereka juga sangat keras, mirip seperti suara gajah. Suaranya ini selain untuk berkomunikasi, juga dijadikan sebagai penanda daerah kekuasaan mereka. Kemampuan berenangnya sangat baik, tapi ketika di darat, jalannya juga mirip anjing laut


Beberapa satwa yang menjadi makanan gajah laut antara lain ikan-ikan besar, cumi-cumi, juga pinguin. Tapi hanya sedikit binatang yang mau memangsa gajah laut. 

Deskripsi 

Gajah laut menghabiskan sebagian besar waktunya dengan hidup di laut, walau sesekali ia naik ke daratan. Hewan mamalia ini dapat menahan napas sekitar 120 menit, lebih lama dari hewan mamalia non-cetacea mana pun.

Binatang ini memiliki tubuh yang besar. Ukuran tubuh gajah laut jantan bisa mencapai 5 meter dengan berat sekitar 2.700 kg. Sementara ukuran tubuh betinanya lebih kecil, yaitu panjang sekitar 3 m dan berat 900 kg. Biasanya, ukuran tubuh gajah laut selatan lebih besar dibandingkan gajah laut utara. Tercatat, gajah laut selatan jantannya bisa mencapai panjang 6 meter dan berat sekitar 4.000 kg (4 ton).

Kebiasaan 

Seekor gajah laut senang menggaruk-garuk badannya. Ia menggunakan sirip depannya untuk menggaruk. Dengan siripnya itu, ia juga mengais pasir untuk ditaburkan ke tubuhnya sebagai pelindung dari sinar matahari. Binatang raksasa ini juga hobi berguling-guling. 

Selain itu, gajah laut juga senang mengaum dan gajah laut merupakan salah satu satwa yang memiliki suara paling keras. Ia gunakan belalainya yang unik itu untuk menghasilkan bunyi auman yang keras, khususnya pada musim kawin. Pada saat bergairah, gajah laut jantan bisa gigit dan melukai yang betina

Namun, fungsi yang lebih penting dari hidungnya ini adalah untuk menyerap kelembapan dari embusan napasnya. Hal ini berguna saat musim kawin tiba, di mana ia jarang berburu di pantai. Sehingga, dengan melakukan rebreather, ia dapat mempertahankan kelembapannya.

Dalam menghadapi kondisi cuaca yang dingin, gajah laut menggunakan lemak tubuh dan bulunya untuk menghangatkan diri. Ketika musim untuk berkembang biak tiba, gajah laut akan berada di darat dan tidak makan selama. Mereka akan tidur sepanjang waktu.

Usia Harapan Hidup

Secara alami, usia harapan hidup gajah laut jantan dan betina ternyata berbeda. Gajah laut betina umumnya memiliki usia harapan hidup lebih lama yaitu selama 23 tahun, sedangkan gajah laut jantan memiliki usia harapan hidup sekitar 20 tahun. 

Gajah laut betina mulai melahirkan anak ketika menginjak usia 4-5 tahun. Sementara gajah laut jantan mencapai kematangan untuk berproduksi, di usianya yang ke-5 tahun.

 

(Sumber: https://weareglory.com/)

Comments are closed.