Mengapa Perlu Mempelajari Bahasa Indonesia

Pendidikan

Mengapa Perlu Mempelajari Bahasa Indonesia

Mengapa Perlu Mempelajari Bahasa Indonesia

Mengapa Perlu Mempelajari Bahasa Indonesia

Bahasa adalah suatu alat untuk komunikasi antara manusia, baik secara tulisan maupun tertulis. Bahasa selalu mengikuti kehidupan manusia sehari-hari, baik pemimpin pemerintahan ataupu rakyat biasa. Bahasa juga dapat digunakan untuk memasukkan gagasan-gagasan ke dalam pikiran manusia. Betapa pentinganya suatu bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai di Indonesia. Tapi apakah kita sudah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar?
Sebagai bangsa Indonesia, kita tentu menyadari bahwa di Indonesia terdapat beragam bahasa. Setiap berbeda daerah mempunyai bahasa yang berbeda. Sebagai contoh orang Jawa mempunyai bahasa Jawa, orang Sunda mempunyai bahasa Sunda, orang Padang juga mempunyai bahasa sendiri yaitu bahasa Padang. Namun, bahasa Indonesialah yang mempersatukan kita sebagai bangsa Indonesia. Saya sendiri menyadari bahwa saya belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari bahasa Indonesia:

a. Bahasa menunjukkan suatu bangsa

Bahasa menunjukkan suatu bangsa maksudnya suatu bahasa yang sempurna menunjukkan peradaban yang tinggi dari bangsa pemilik bahasa tersebut. Sebagai contoh, tabiat seseorang dapat dilihat dari cara bertutur mereka, kesopan santunan seseorang menunjukkan asal keluarganya. Di dalam bahasa Indonesia terdapat pilihan bahasa (diksi) jadi seharusnya kita bangga menggunakan bahasa Indonesia.

b. Merupakan Ilmu Pengetahuan

Belajar bahasa Indonesia juga dapat menambah ilmu pengetahuan. Sejak sekolah dasar kita sudah mempelajari bahasa Indonesia, bahkan pada ujian negarapun bahasa Indonesia dimasukkan kepada salah satu mata pelajaran yang diujikan. Untuk melatih bahasa Indonesia kita supaya baik dan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

c. Supaya menjadi orang yang berhasil

Sebelum seorang sarjana, doktor, maupun professor menjadi orang yang berhasil, mereka juga harus mempelajari bahasa Indonesia agar dapat berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.Mereka menjadi orang yang berhasil karena saat di bangku kuliah mereka harus menempuh skripsi ataupun thesis yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar jika mereka tinggal di Indonesia.

d. Sebelum mempelajari struktur bahasa asing, pelajari dulu struktur bahasa Indonesia

Banyak orang Indonesia lebih memahami struktur bahasa asing. Sehinnga ketika menulis suatu karangan bahasa Indonesia mereka mengalami kesulitan dan menjadi tidak teratur dalam struktur penulisannya. Oleh karena itu, kuasai struktur bahasa kita terlebih dahulu sebelum menguasai bahasa asing.

Betapa pentingnya suatu bahasa Indonesia untuk bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mari kita sama-sama belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  :

Comments are closed.