Mekanisme Fungsi Ginjal

Pendidikan

Mekanisme Fungsi Ginjal

Ginjal berperan untuk menyaring darah. Glomerulus berfungsi sebagai saringan. Setiap menit kira-kira satu liter darah dialirkan ke ginjal melalui arteri renalis. Penyaringan darah yang pertama terjadi di dalam badan malphigi. Plasma darah dan zat terlarut di dalamnya disaring oleh glomerulus di dalam badan malphigi.

Cairan hasil saringan oleh glomerulus disebut filtrat glomerulus masuk ke dalam simpai Bowman, kemudian mengalir melalui tubula menuju ke bagian rongga ginjal. Dari sini terbentuk urine yang mengalir ke kandung kemih melalui ureter.

Pada saat filtrat glomerulus berada di dalam tubula terjadi proses penyerapan kembali (reabsorpsi) semua bahan yang diperlukan tubuh seperti glukosa, garam, air dan asam amino. Zat-zat tersebut masuk kembali ke dalam pembuluh darah yang ada di sekitar tubula.

Selain itu di tubula distal, terjadi penambahan (Augmentasi ) zat-zat yang tidak digunakan lagi  dari pembuluh darah yang di sekitar tubula tersebut; antara lain racun seperti amonia, zat yang berlebih seperti obat-obatan, vitamin dan hormon.

Urine selanjutnya akan masuk ke rongga ginjal, kemudian menuju ke tempat penampungan sementara yang disebut kandung kemih. Kantong kemih hanya mampu menampung sekitar 300 ml urine, bila sudah penuh, maka dinding kantong kemih akan tertekan, dinding otot pada pangkal kantong kemih meregang sehingga timbul rasa ingin kencing. Peristiwa pembuangan urine ini disebut mikturisi.

Urine mengandung:

  1. Urea, asam ureat dan amoniak sebagai zat sisa metabolisme protein
  2. Zat warna empedu
  3. Garam-garam mineral terutama garam dapur
  4. Zat-zat yang berlebih di dalam darah seperti obat-obatan, vitamin dan hormon.

sumber :

https://solopellico3p.com/pocket-rally-apk/

Comments are closed.