Materi Pembahasan Orbit Planet

Pendidikan

Materi Pembahasan Orbit Planet

Materi Pembahasan Orbit Planet

Materi Pembahasan Orbit Planet

Orbit planet-planet di Tata Surya

memang semuanya berada dalam satu bidang. Demikian juga dengan orbit satelit dari planet-planet tersebut. Semuanya berada dalam satu bidang yang sama.  Semua planet bisa memiliki orbit pada bidang yang sama ini terkait dengan pembentukannya di dalam Tata Surya.

Tata Surya terbentuk dari awan gas dan debu raksasa yang kita kenal sebagai nebula.Di dalam nebula inilah bintang dilahirkan.Atau kalau di dalam Tata Surya, Matahari lahir di dalam nebula ini.Awalnya partikel-partikel debu berkumpul membentuk awan sferis.Awan gas dan debu ini berputar dan kemudian menarik lebih banyak materi.Interaksi gravitasi partikel-partikel di awan menyebabkan awan berkondensasi.Pada saat itu radiusnya mengecil, tapi momentum sudutnya tidak mengecil sehingga rotasinya makin cepat.Awan pun mengalami keruntuhan.

Saat terjadi keruntuhan

rotasi awan semakin cepat.Tapi tidak semua bagian dari awan ini ditarik ke pusat. Partikel di sekitar bidang yang tegak lurus sumbu rotasi mengalami gaya sentrifugal yang membuat mereka tidak mendekati pusat melainkan melawan gravitasi.  Akibatnya awan memipih dan membentuk piringan yang berputar di sekeliling inti yang sangat rapat. (https://dosen.co.id/)

Semakin banyak massa

yang dikumpulkan di pusat piringan, maka temperatur juga meningkat tajam sehingga memberi kemampuan yang cukup untuk terjadinya reaksi nuklir. Atom hidrogen kemudian mengalami pembakaran menjadi helium menandai kelahiran Bintang.Sementara itu gas dan debu di piringan pipih yang berputar disekeliling bintang pun saling berinteraksi di dalam piringan.Bertabrakan dan berakumulasi membentuk planet-planet yang kemudian mengitari Bintang. Inilah yang menyebabkan planet-planet memiliki orbit pada bidang yang sama dengan Bintang.

Comments are closed.