materi bola voli

Pendidikan

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok yang bersaing. Ada enam pemain di setiap grup. Ada variasi permainan voli pantai di mana setiap kelompok hanya memiliki dua pemain. Olahraga bola voli diarsir oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) [1] sebagai orang tua dari organisasi internasional, tetapi di Indonesia olahraga ini dilindungi oleh PBVSI (asosiasi bola voli Indonesia).

A. Sejarah bola voli

Pada awal penemuan, olahraga bola voli diberi nama Mintnet. Olahraga jaring mint pertama kali ditemukan oleh direktur Phsycal Education bernama William G. Morgan di YMCA Holyoke, Massachusetts (AS) pada 9 Februari 1895. William G. Morgan lahir pada 1870 di Rockport, New York, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Christian Christian Association) adalah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan kepada kaum muda ajaran dasar orang Kristen sebagaimana diajarkan oleh Yesus. . Organisasi ini didirikan oleh George William pada 6 Juni 1884 di London, Inggris. Setelah bertemu James Naismith (pendiri olahraga bola basket yang lahir pada 6 November 1861 dan meninggal pada 28 November 1939),

Morgan membuat olahraga baru bernama Mintonette. Seperti James Naismith, William G. Morgan juga mengabdikan hidupnya sebagai guru pendidikan jasmani. William G. Morgan, lulusan YMCA’s Springfield College, menciptakan game Mintonette ini empat tahun setelah pembuatan game basket oleh James Naismith. Olahraga Mintonette sebenarnya adalah permainan yang dibuat dengan menggabungkan berbagai jenis permainan. Lebih tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan memasukkan empat jenis karakter permainan, bola basket, bisbol dan tenis menjadi satu, dan akhirnya bola tangan. Awalnya game ini dibuat khusus untuk Anggota Muda yang tidak muda lagi, jadi game ini tidak seaktif basket.

Nama Mintonette diubah menjadi bola voli (voli) adalah demonstrasi pertama di sekolah pelatihan YMCA Internasional pada tahun 1896. Pada awal tahun 1896, Dr. Luther Halsey Gulick (Direktur sekolah pelatihan atletik profesional dan juga direktur eksekutif YMCA Departemen Pendidikan Jasmani Komite Internasional) memperagakan permainan baru yang dia buat di stadion kampus yang baru saya minta Morgan melakukannya. Pada konferensi kampus YMCA, semua guru pendidikan jasmani menghadiri Springfield. Pada kesempatan ini, Morgan membawa dua tim. Saat itu, Morgan juga menjelaskan bahwa game ini adalah game yang bisa Anda mainkan secara bebas di dalam dan di luar ruangan. Dan menurut penjelasan waktu itu, game ini juga bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain standar dalam permainan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memindahkan bola di jaring yang tinggi dari satu daerah ke daerah lain (wilayah lawan).

B. Area permainan

Ukuran khas lapangan voli adalah 9 meter kali 18 meter. [3] Garis serangan di sisi pertahanan adalah 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Tepi bidang adalah 5 cm.
bola
Bola memiliki lingkaran dengan berat 260 hingga 280 gram sekitar 65 hingga 67 cm. Tekanan internal bola harus sekitar 0,30 hingga 0,325 kg / cm 2 (4,26 hingga 4,61 psi, 294,3 hingga 318,82 mbar atau hPa).
D. Net
Tinggi jaring pria adalah 2,43 meter dan jaring wanita adalah 2,24 meter.
E. Arti dari permainan bola voli
Sebuah. Panjang garis samping: 18 meter.
b. Lebar bidang: 9 meter.
c. Lebar garis serang: 3 meter.

Cara bermain

Suasana bola voli
Game ini dimainkan dalam dua tim, masing-masing tim terdiri dari enam pemain, yang bertujuan untuk mencapai 25 orang pertama [4].
Tim memiliki empat peran penting. Yaitu, tosser (atau setter), speaker (smash), libero, dan defender (defender). Tosser atau pengumpan adalah mereka yang bertanggung jawab untuk mengirim bola ke lawan dan mengatur kemajuan permainan. Pembicara diinstruksikan untuk memukul bola dan memasuki area pertahanan lawan. Libero bisa masuk dan pergi dengan bebas, tetapi itu adalah bek yang tidak bisa menghancurkan bola di internet. Seorang bek adalah pemain yang selamat menerima serangan dari lawan.
Permainan bola voli, terutama Tosser, membutuhkan kemampuan otak yang unggul. Tosser harus mampu mengelola permainan. Tosser perlu memutuskan apa yang harus dia lakukan

Sumber : https://suhupendidikan.com/

Comments are closed.