Manfaat Konservasi Tanah dan Air

Pendidikan

 Manfaat Konservasi Tanah dan Air

 Manfaat Konservasi Tanah dan Air

Manfaat Konservasi Tanah dan Air

Pada dasarnya konservasi merupakan

pemberdayaan atau pemeliharaan terhadap alam dan makhluk hidup. Manfaat-manfaat konservasi diwujudkan dengan:

  1. Terjaganya kondisi alam dan lingkungannya, berarti konservasi dilakukan dengan memelihara agar kawasan konservasi tidak rusak.
  2. Terhindarnya makhluk hidup dari kepunahan, yang berarti jika gangguan-gangguan penyebab turunnya jumlah dan mutu makhluk hidup terus dibiarkan tanpa upaya pengendalian akan berakibat makhluk hidup tersebut menuju kepunahan bahkan punah sama sekali.

Terhindarnya dari bencana akibat perubahan alam

berarti gangguan-gangguan terhadap flora dan fauna serta ekosistemnya pada khususnya serta sumber daya alam pada umumnya menyebabkan perubahan berupa kerusakan maupun penurunan jumlah dan mutu sumber daya alam tersebut.

 

Mampu mewujudkan keseimbangan lingkungan baik mikro maupun makro

Bararti dalam ekosistem terdapat hubungan yang erat antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Mampu memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan, berarti upaya konservasi sebagai sarana pengamatan dan pelestarian flora yang sudah punah maupun belum punah dari sifat, potensi maupun penggunaannya.

Teknik Groundwater Conservation Area

Merupakan teknik yang mengusahakan suatu kawasan atau wilayah tertentu yang khusus diperuntukkan sebagai daerah pemanenan air hujan (peresapan air hujan) yang dijaga diversifikasi dan konstruksi apapun tidak boleh dibangun di atas area tersebut.
Untuk keperluan ini harus dipilih daerah yang mempunyai peresapan tinggi dan bebas dari kontaminasi polutan (A. Maryono dan E.N. Santoso, 2006).

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/

Comments are closed.