Makalah Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Pendidikan

Makalah Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Makalah Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM) – Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang memuat kajian komprehensif berkenaan suatu masalah aktual dan pembahasan yang logis, sistematis dan normatif berdasarkan teori dan konsep berasal dari beragam sumber rujukan yang relevan, yang membuahkan suatu analisis dan beragam saran dan masukan atas suatu persoalan tersebut.

Makalah disusun tidak cuma untuk semata-mata memenuhi tugas, ini terlebih bagi para pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi, tetapi lebih kepada suatu sistem akademik di dalam upaya studi jalankan sebuah kajian pustaka atas suatu masalah yang ada di sedang masyarakat.

Untuk itu, di dalam sistem penyusunan makalah pun tidak boleh asal-asalan, melainkan perlu sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. Misalnya seperti diperlukannya sumber referensi yang jelas, tata tulis, bahasa, dan kelengkapan komponen/struktur makalah itu sendiri.

Karakteristik makalah yang baik dan benar adalah makalah mudah dimengerti oleh pembaca, karena penulisannya terstruktur, sistematis, dan logis. Sehingga dapat mudah di dalam mendapatkan benang merah yang ada di dalam makalah. Substansi makalah jadi nilai tersendiri, karena menyangkut bobot atau mutu makalah, tak hanya struktur makalah.

Berikut ini adalah salah satu umpama makalah karya mahasiswa jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah iain ponorogo semester 4 terhadap tahun 2019. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas terstruktur mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd. Para penulis adalah Ardy Effendi, Luzsyana Vin Febrianty Putri, Mauliawati Ulfa, Siti Saliza, dan Umu Muzayyanah.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Sejarah perjuangan bangsa Indonesia sampai kini mencatat beragam penderitaan, kesengsaraan dan kesenjangan sosial, yang disebabkan oleh tabiat tidak adil dan diskriminatif atas basic etnik, ras, warna kulit, budaya, bahasa, agama, golongan, type kelamin dan standing sosial lainnya.

Pada sesungguhnya sepanjang lebih berasal dari lima puluh tahun usia Republik Indonesia, pelaksanaan penghormatan, perlindungan, atau penegakan hak asasi manusia masih jauh berasal dari memuaskan. Hal berikut tercermin berasal dari perihal berwujud penculikan, penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, penggusuran dan juga pembakaran area tinggal. Selain itu juga ada penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat publik dan aparat.

Materi Hak Asasi Manusia diajarkan di dalam PKn sebagai upaya agar menaikkan kesadaran siswa terhadap hak asasi manusia. Tujuannya untuk menghindar siswa jalankan tindakan yang bertentangan dengan hak asasi manusia. Dan sebagai mata pelajaran yang membentuk warga negara agar sadar dan dapat jalankan hak-hak dan kewajiban untuk jadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter.

Oleh karena itu pembelajaran hak asasi manusia terhadap PKn perlu dibangun dan dikembangkan manfaat melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa yang membutuhkan kesadaran hak asasi manusia berasal dari tiap tiap warga negaranya, agar tujuan berasal dari pembelajaran hak asasi manusia tercapai yaitu terciptanya warga negara yang mau dan dapat untuk menghargai tinggi hak asasinya.

B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan HAM?
2.Bagaimana Materi dan Pembelajaran HAM di MI/SD?
3.Bagaimana Pendekatan dan Prinsip Pembelajaran HAM di MI/SD?

B.Tujuan Penulisan
1.Mengetahui pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)
2.Mengetahui Materi dan Pembelajaran HAM di MI/SD
3.Mengetahui Pendekatan dan Prinsip Pembelajaran HAM di MI/SD

Untuk membaca seluruh dokumen makalah secara lengkap, sahabat dapat mendownload soft file makalah di dalam format PDF terhadap link berikut ini. Pastikan kecuali mengidamkan mengutip lebih dari satu kecil/besar isikan di dalam makalah untuk bersedia mencantumkan nama penulis nya sebagai wujud apresiasi atas karyanya. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

Baca Juga :

Comments are closed.