lambag unsur senyawa

Pendidikan

 

A. Simbol untuk elemen dan elemen

Dalam penelitian, semua zat terbentuk dari bagian paling sederhana yang disebut elemen. Air dapat didekomposisi menjadi gas hidrogen dan gas oksigen. Gula dipecah menjadi karbon, oksigen, dan hidrogen lagi. Dalam reaksi kimia normal, karbon, oksigen, dan hidrogen tidak dapat terurai lagi. Karbon, hidrogen, dan oksigen diklasifikasikan sebagai unsur. Unsur-unsur didefinisikan sebagai zat tunggal yang tidak dapat dipecah menjadi zat sederhana lainnya dalam reaksi kimia normal.

Dalam kondisi normal, banyak dari elemen ini adalah benda padat seperti tembaga, emas, besi, timah. Merkuri atau apa yang dikenal sebagai merkuri dan brom adalah contoh unsur cair. Oksigen dan nitrogen adalah contoh elemen dalam bentuk gas.

Memang, bumi yang kita lewati ini terdiri dari berbagai elemen. Ada 8 jenis elemen yang membentuk hampir 99% kerak bumi.

Lautnya terdiri dari air dan berbagai garam. Air tersusun dari unsur hidrogen dan oksigen. Udara hampir sepenuhnya merupakan campuran oksigen dan nitrogen dan unsur-unsur kecil lainnya. Tubuh manusia juga tersusun dari berbagai elemen. Mayoritas tubuh manusia terdiri dari air (hidrogen dan oksigen).

Elemen yang dikenal ada dalam bentuk logam, non-logam (non-logam), dan logam. Logam memiliki karakteristik mengkilap dan umumnya merupakan konduktor listrik dan panas yang baik. Kecuali merkuri cair, unsur logam umumnya padat pada suhu dan tekanan normal. Secara umum, elemen logam dapat ditempa sehingga mereka dapat dibentuk menjadi benda lain. Beberapa elemen logam mengandung zat besi,
Emas, perak, platinum, tembaga. Contoh elemen logam ditunjukkan pada tabel berikut.

Simbol elemen yang digunakan saat ini diusulkan oleh Jons Jacob Berzelius pada tahun 1813. Cara menulis elemen dengan huruf pertama diambil dari nama elemen dan ditulis dalam huruf kapital. Jika ada dua elemen dengan karakter utama yang sama, elemen lain kecuali menggunakan huruf pertama dalam huruf besar diikuti oleh satu huruf kecil dari nama elemen.
Contoh:

Unsur karbon diwakili oleh C
Kalsium unsur diwakili oleh Ca.
Unsur klor diwakili oleh Cl.
Elemen kobalt diwakili oleh Co.
Nitrogen unsur diwakili oleh N.
Natrium unsur diwakili oleh Na
Elemen neon diwakili oleh Ne

Tabel berikut menunjukkan beberapa jenis elemen dan simbol menurut Berzelius.

Tabel simbol dari beberapa elemen logam, bukan logam, dan elemen buatan oleh Berzelius

Senyawa

Senyawa adalah zat yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia pada rasio massa tertentu.

Air dan garam dapur adalah contoh senyawa. Air dan garam dapur dikatakan senyawa karena tersusun dari dua atau lebih unsur. Air tersusun dari dua unsur, yaitu hidrogen dan oksigen, dan memiliki rasio massa konstan. Garam dapur juga terdiri dari dua unsur, yaitu natrium dan klor, dan memiliki rasio massa konstan. Dalam contoh lain, nitrogen dan hidrogen bergabung membentuk amonia.

Seperti elemen kimia, nama dan simbol melekat pada senyawa kimia untuk membuatnya lebih mudah dipahami.

Formula kimia

Formula kimia mewakili satu molekul unsur atau senyawa. Formula kimia juga disebut rumus molekul. Formula kimia diklasifikasikan sebagai berikut.

Formula unsur kimia

Dalam rumus kimia, elemen terdaftar sebagai elemen simbol atom diikuti oleh satu nomor. Simbol elemen mewakili nama atom elemen tersebut, dan angka yang dituliskan sedikit menunjukkan jumlah atom yang terkandung dalam satu molekul elemen.
Contoh:
Sebuah. O 2 berarti satu molekul, gas oksigen.
Ada dua atom oksigen dalam satu molekul gas oksigen

b. P 4 berarti satu molekul fosfor.
Satu molekul fosfor memiliki empat atom fosfor.

Berbeda dengan 2 O dan 4 P
Sebuah. 2 O berarti dua atom oksigen yang terpisah, yang berarti mereka tidak terikat secara kimia.
b. 4 P berarti empat atom fosfor yang terpisah, artinya mereka tidak terikat secara kimia.

Senyawa majemuk

Dalam rumus kimia, senyawa ditunjukkan oleh simbol atom dari unsur-unsur yang membentuk senyawa, dan setiap simbol elemen diikuti oleh angka yang menunjukkan jumlah elemen atom dalam satu molekul senyawa.
Contoh:
Sebuah. H2O adalah singkatan dari 1 molekul air
Molekul air memiliki dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

b. CO2 berarti satu molekul karbon dioksida
Satu molekul karbon dioksida memiliki satu atom karbon dan dua atom oksigen.

sumber : https://rumusbilangan.com/

Comments are closed.