Kucurkan Rp 50 Miliar Untuk Mahasiswa Berprestasi

Pendidikan

Kucurkan Rp 50 Miliar Untuk Mahasiswa Berprestasi

Kucurkan Rp 50 Miliar Untuk Mahasiswa Berprestasi

Kucurkan Rp 50 Miliar Untuk Mahasiswa Berprestasi

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) mengalokasikan

anggaran sebesar Rp 50 Miliar untuk beasiswa bagi para 1.697 mahasiswa berprestasi di Jabar.

Plh Sekretaris Daerah Jawa Barat, Daud Ahmad mengatakan, beasiswa bernama Jabar Feature Leader tersebut terbagi dua kategori. Pertama, kategori prestasi akademis tersedia bagi 1.312 mahasiswa yang terbagi lagi jadi empat jenis beasiswa.

“Yaitu beasiswa pendidikan penuh jenjang S1 sebanyak 705 mahasiswa, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 sebanyak 157 mahasiswa, beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 sebanyak 50 mahasiswa, serta beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 sebanyak 400 mahasiswa,” ucap Daud, di Gedung Sate. Selasa. (27/8)

Dikatakan Daud, beasiswa penuh jenjang S1, S2, dan S3 itu khusus mahasiswa baru

di 10 kampus terakreditasi A yang bekerja sama dengan Pemprov Jabar. Sepuluh kampus tersebut yakni, ITB, IPB, UI, Unpad, UPI, Unpas, Unisba, Tel-U, Unpar dan Universitas Presiden.

“Khusus untuk beasiswa bantuan biaya pendidikan S3 UIN Bandung bisa mengikuti kategori tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Daud, untuk kategori Beasiswa JFL prestasi non akademis tersedia kuota untuk 385 mahasiswa khsus jenjang S1. Yang terbagi dalan kategori prestasi keagamaan, keolahragaan, kesenian dan keorganisasian. Adapun dua kategori beasiswa JFL tersebut berlaku untuk 1 tahun.

“Adapun pendaftarannya dimulai 26 Agustus sampai 8 September. Untuk info lebih lanjut bisa mengakses instagram Disdik jabar @disdikjabar atau melalui laman beasiswa@jabarprov.go.id,” jelasnya.

Daud mengatakan, beasiswa ini diberikan untuk memberi akses pendidikan kepada warga Jabar

yang berkuliah di Jawa Barat.

“Beasiswa JFL adalah upaya Pemprov Jabar untuk memfasilitasi warga Jabar yang menuntut ilmu di kampus-kampus di Jabar, untuk nantinya memajukan Jawa Barat itu sendiri,”

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika, untuk beasiswa pendidikan penuh jenjang S1, S2 dan beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 diperuntukan untuk mahasiswa baru yang diterima di 10 universitas. Perguruan tinggi tersebut, telah teraktreditasi A dan telah bekerja sama dengan Pemprov Jabar.

Ke-10 universitas tersebut, yakni Intsitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Telkom dan Universitas Parahyangan dan Universitas Presiden. Khusus untuk beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, ada satu tambahan universitas yang bisa mengikuti. kategori beasiswa tersebut, yakni mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sedangkan bagi beasiswa jenis percepatan akses pendidikan jenjang S1, kata dia, bisa diikuti oleh mahasiswa dari 98 universitas yang ada di Jawa Barat. “Adapun lama program beasiswa jenis percepatan akses pendidikan jenjang S1 adalah 1 tahun,” kata Dewi.

 

Sumber :

https://revistas2.uepg.br/index.php/ahu/comment/view/11260/0/24179

Comments are closed.