Kenapa harus beralih ke teknologi 5G?

Teknologi

Kenapa harus beralih ke teknologi 5G?

Kenapa harus beralih ke teknologi 5G

Seiring dengan bertumbuhnya jumlah pengguna smartphone, teknologi jaringan generasi kelima atau sering disebut dengan 5G dinilai mampu menjawab kebutuhan konsumen akan data yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih tinggi.

 

“Karena jumlah konsumen makin lama makin banyak jumlah

pelanggan harus ada terobosan teknologi untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ujar Senior Manager Business Development Qualcomm Technologies, Dominikus Susanto, dalam workshop media “Snapdragon Academy” di Jakarta, Kamis.

Manfaat teknologi 5G tersebut, menurut Susanto, tidak hanya dapat dirasakan oleh pengguna, namun juga para operator jaringan yang akan mendapat keuntungan dengan menampung lebih banyak pelanggan.

Peningkatan teknologi 5G sesuai dengan tiga fundamental dalam peningkatan konektivitas, yaitu coverage, spectrum dan capacity.

Salah satu hal yang cukup menentukan dari kualitas jaringan adalah wilayah cakupan atau coverage. Susanto menganalogikan wilayah cakupan dengan riak air di mana semakin jauh dari pusat gelombang akan semakin lemah.

Gangguan yang ada dalam wilayah cakupan juga menjadi hal yang

 

menentukan kualitas jaringan. Gangguan yang dimaksud, menurut Susanto, seperti tembok dan gedung.

“Noise atau gangguan tidak bisa dihilangkan, karena bakal banyak jaringan lain yang menggunakan sinyal yang sama. Maka perlu adanya teknologi yang bisa menyaring hal-hal tersebut,” kata Susanto.

Beberapa teknologi jaringan baru seperti 4G dan 5G,

menurut Susanto, sudah menggunakan teknologi yang bisa menggunakan beberapa penerima dan pengirim sekaligus atau yang disebut multiple-input multiple-output (MiMo).

 

sumber :

https://ruangseni.com/seva-mobil-bekas/

Comments are closed.