Keluaran terbaru dari keluarga Mac OS X

Pendidikan

Keluaran terbaru dari keluarga Mac OS X

Keluaran terbaru dari keluarga Mac OS X

Keluaran terbaru dari keluarga Mac OS X

 

Tanggal 26 Oktober 2007 kemarin Apple

meluncurkan versi terbaru dari Sistem Operasi Mac OS X – versi 10.5 – yang diberi nama panggilan Leopard. Sistem operasi yang katanya merupakan ‘panutan’ dari Microsoft dalam mendesain Vista-nya ini di-klaim sebagai update terbesar dari Mac OS X dengan lebih dari 300 fitur baru jika dibandingkan dengan versi sebelumnya – Tiger.Apple sendiri mendedikasikan berhalaman-halaman web untuk menampilkan berbagai fitur utama Leopard di http://www.apple.com/macosx/features/, dan satu halaman yang sangat panjang untuk mendeskripsikan (hampir?) semua fitur terbarunya itu secara singkat di situs mereka. Silakan kunjungi: http://www.apple.com/macosx/features/300.html untuk bisa melihatnya.

 

Apple juga menyediakan video pengenalan dari sistem operasi

terbarunya tersebut yang berdurasi hampir setengah jam dan bisa ditonton di situsnya di http://www.apple.com/macosx/guidedtour/ atau di download sebagai file Quicktime berekstensi .mov dengan ukuran sedikit lebih besar dari 80 Megabyte.
Para pengguna fanatik Apple tentu saja sudah menunggu-nunggu ‘kucing terbaru’ ini, tetapi mereka ternyata tidak sendiri. Sebuah analisis di internet melaporkan bahwa banyak juga pengguna Windows yang berpindah ke lain hati karena kekecewaan mereka terhadap Vista.

Mengenai masalah ini Steve Jobs

sang boss Apple – dengan sedikit bercanda (atau tidak?) berkata bahwa dia tidak akan membeda-bedakan dan dengan satu harga (US$ 129 untuk satu license, atau US$ 199 lima license) semua orang akan mendapatkan versi Ultimate dari Leopard. Sebuah sindiran yang mengena untuk Vista yang diluncurkan dengan banyak sekali versi di mana versi termahal (U$ 399.95 untuk satu license) dan paling lengkapnya dinamakan versi Ultimate (tabel perbandingan antara berbagai versi Vista dan fiturnya masing-masing bisa dilihat di sini: http://images.amazon.com/images/G/01/software/detail-page/vista-compare-2.jpg).

Berbagai fitur baru yang paling menonjol
Selain penyempurnaan dari wajah lama yang sebelumnya sudah ada di Tiger, dari tigaratusan fitur barunya Leopard juga membawa banyak pendatang yang benar-benar baru. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Stack
Perubahan yang paling pertama akan kelihatan adalah wajah baru dari Desktop. Memang dia menjadi semakin cantik, tetapi fokus kita bukanlah wajah Desktop melainkan kemampuan barunya yang bernama Stack.
Dengan Stack, para pengguna Leopard akan mendapatkan berbagai item yang sejenis yang biasanya ‘bertebaran berantakan’ di permukaan Desktop ‘tertumpuk’ rapi di menubar. Selain bisa memilih untuk menyusun dalam bentuk tumpukan melengkung (fan) atau terkelompok (grid), pengguna Leopard juga bisa memilih item jenis apa yang akan dikelompokkan.

Finder a’la iTunes

Memang Finder bukanlah anggota baru, tetapi sekarang dia memiliki pilihan tampilan yang baru. Sama seperti kejadian clickwheel milik iPod Nano yang diadaptasi untuk iPod Classic, rupanya tampilan coverflow iTunes yang diadaptasi ke iPhone dan iPod Touch begitu disukai sehingga diadaptasi juga pada Finder.
Mungkin Apple juga berencana untuk mengadaptasi teknologi sentuh permukaan multi-touch yang saat ini digunakan pada iPhone dan iPod Touch pada jajaran produk komputernya. Bisa diramalkan bahwa hasilnya pasti akan keren sekali dan akan melibas para pesaingnya – asalkan harga jual produknya tidak melambung gila-gilaan saja.

 Baca Juga : 

Comments are closed.