Idividualitas anak dan perbedaan individual

Uncategorized

  • Idividualitas anak dan perbedaan individual

Sejak saat kelahiran, bayi sudah menampakan cirri-ciri dan tingkah laku karakteristik yang individual. Setiap bayi yang satu dengan yang lain sudah memiliki perbedaan karakteristik, ada yang lebih sigap-kokoh, lebih aktif, sepat lapar ada yang tidak. Ada bayi-bayi yang sangat peka, mudah terkejut dan takut, suka rewel ada juga yang tidak.karena perbedaan-perbedaan individual yang karakteristik tesebut individu anak merupakan pribadi yang kha dan unik.

  • Anak sebagai makhluk sosial

Seorang anak yang berdiri sendiri dan terpisah secara total dari masyarakat serta pengaruh cultural orang dewasa, tidak mungkin dia menjadi anak normal. Tanpa bantuan orang dewasa/manusia lain dan lingkungan sosialnya anak tidak akan mungkin mencapai taraf kemanusiaan yang seharusnya.

  • Hukum konvergensi

Hukum konvergensinya menyatakan adanya kerjasama antara faktor kodrati dan faktor social. Setiap perkembangan anak, faktor hereditas atau endogen dan faktor lingkungan itu harus bekerja sama. Kedua-duanya saling melibatkan damn mempengaruhi satu sama lain, faktor tersebut memberikan pengaru besar pada proses perkembangan anak.

  • Pemenuhan kebutuhan sebagai sumber dinamis dari aktivitas anak.

Stiap individu anak dan orang dewasa selalu mempunyai kebutuhan-kebutuhan tertentu utntuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan kebutuhan tersebut menuntut untuk dipenuhi sehingga tidak terjadi ketegangan batin, konflik-konflik batin dan frustasi.

 

Comments are closed.