Fungsi Pupil Dan Penjelasannya Lengkap

Pendidikan

Penjelasan Pupil Mata

Pupil adalah lubang di tengah mata. Cahaya menembus melalui pupil dan ditransmisikan melalui lensa mata, yang memfokuskan gambar pada retina. Lokasi pupil di belakang retina tengah. Siswa adalah pusat dari area transparan (hitam). Nama lain untuk siswa adalah pupil mata.

Murid membentuk lingkaran hitam pada bola mata manusia, yang merupakan jalur tepat menuju mata. Saat cahaya pupil menjadi lemah, cahaya yang masuk ke mata berkurang di lingkungan yang terang.

Murid berada di tengah iris (bagian yang memberi warna pada mata kita). Fungsi pupil adalah membiarkan cahaya masuk ke mata sehingga dapat fokus pada retina untuk memulai proses penglihatan.

Ukuran pupil dikendalikan oleh otot. Jika Anda membutuhkan banyak cahaya, pupilnya akan membesar. Jika cahayanya menjadi lebih terang, pupilnya menjadi lebih kecil. Perubahan-perubahan ini terjadi secara refleksif. Siswa dapat dibandingkan dengan dimmer pada kamera. Siswa akan lebih jelas terlihat ketika melihat dengan mikroskop.
Secara umum, siswa akan terlihat bulat sempurna, dengan ukuran yang sama dan hitam. Warna hitam karena fakta bahwa cahaya yang melewati pupil diserap oleh retina dan tidak dipantulkan kembali (di bawah pencahayaan normal).

Jika pupilnya keruh atau pucat, ini biasanya terjadi karena lensa mata (yang terletak tepat di belakang pupil) menjadi buram atau keruh karena pembentukan katarak. Ketika lensa keruh diganti dengan lensa intraokular bening (IOL) selama operasi katarak, pupil kembali ke warna hitam normal.

Dalam kondisi tertentu, murid berubah warna, misalnya, ketika seseorang mengambil gambar menggunakan fungsi lampu kilat pada kamera. Mata pupil mungkin tampak merah cerah. Ini disebabkan oleh cahaya yang kuat dari lampu kilat, yang tercermin dalam warna merah retina.

Fungsi Pupil

Fungsi utama pupil adalah untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Seperti ketika terpapar sejumlah besar cahaya, pupil secara otomatis berkontraksi, sehingga cahaya yang masuk ke mata kecil. Dan sebaliknya.

Fungsi pupil hampir seperti diafragma pada kamera atau milik fotografer, memiliki bentuk celah bundar di tengah iris. Pupil akan meningkat karena tingkat cahaya menurun, sehingga lebih banyak cahaya yang ditransmisikan ke mata. Dokter akan memeriksa para siswa untuk melihat fungsi neurologis seseorang.

Di sekitar pupil ada iris yang memiliki warna mata. Otot dilator dan sphinger di iris melakukan fungsi pengatur lebar pupil. Otot-otot ini mengembang dan berkontraksi, memperluas atau mengurangi lubang. Cahaya yang masuk ke pupil melewati lensa dan fokus pada bagian belakang mata. Termasuk pupil, kornea, lapisan luar transparan mata yang melindungi pupil.

Setelah cahaya memasuki lensa mata, gambar fokus dan retina mengubah cahaya menjadi sinyal listrik, ditafsirkan oleh otak karena saraf optik.

Dalam beberapa kondisi, ini sangat mempengaruhi jumlah cahaya yang akan dikumpulkan siswa. Abrasi kornea atau goresan pada bagian depan mata dapat menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya.

Lihat juga Sumber Artikel Lainnya :

Comments are closed.