Fungsi Pranata Agama

Pendidikan

Fungsi Pranata Agama

Fungsi pokok pranata Agama adalah memberikan pedoman bagi manusia untuk berhubungan dengan tuhannya. Fungsi lain memberikan dasar bagi perilaku ajeg (berpola) :

Kepercayaan

Islam percaya ada Allah Swt, pada Kristen katolik dan Kristen portestan percaya adanya Tuhan yesus, agama Buddha percaya adanya adhi Buddha dan agama sinto percaya adanya dewi matahari amaterasu omikami.

Simbol Agama, Agama memiliki berbagai simbol. Bagi umat islam dapat terlihat dari busana islam yang digunakan. Memakai peci putih adalah simbol bagi yang sudah manjalakan ibadah haji , bagi umat Kristen memakai jubah adalah simbol untuk pastor, pendeta dan para biarawan/barawati.

Praktik Agama, Setiap agama mengenal praktik keagamaan seperti salat (islam) kebatian (Kristen), misa kudus (katolik), dan bersemandi (hindu).

Pemeluk Agama,Tiap agama mempunyai pemeluk. Setiap pemeluk mengadakan pengelompokan sehingga menjadi komunitas, misalnya pengelompokan umat islam majelis taklim, muhammadiah dan remaja mesjid, dan bagi Kristen katolik mempuyai komunitas mudika (muda mudi katolik) serta menurut agama masing-masing.

Pengalaman Agama, Setiap pemeluk agama mempunyai hubungan pribadi dengan tuhan menurut agamanya masing-masing. Oleh karena itu setiap pribadi mempunyai pengalaman secara khusus yang disebut panggilan. Bagi umat islam panggilan berarti undangan untuk menunaikan ibadah haji bagi yang mampu, bagi umat Kristen panggilan berarti menaggapi tawaran tuhan , ada panggilan menjadi pastor, pendeta guru, dan sebagainya.


Sumber: https://bankpundi.co.id/draw-a-stickman-apk/

Comments are closed.