Fungsi Ketahanan Nasional Serta Hubungan Dan Pembangunannya

Pendidikan

Fungsi Ketahanan Nasional Serta Hubungan Dan Pembangunannya

 

Fungsi Ketahanan Nasional Serta Hubungan Dan Pembangunannya

  1. Sebagai doktrin dasar nasional untuk menjamin terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindakan dalam menyatukan langkah bangsa baik bersifat inter regional maupun multi disiplin.
  2. Metode pembinaan kehidupan nasional
  3. Pola dasar pembangunan nasional.Sebagai pedoman dalam pembangunan nasional yang dilakukan sesuai dengan program pembangunan.

Pengaruh aspek ketahanan nasional

Terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara

Pengaruh aspek ideology :Ideologi secara harfiah berarti ilmu tentang pengertian dasar.Perhatian kepada konsep ideology menjadi berkembang lagi antara lain karena pengaruh karl marx .Ideologi menjadi vokabuler penting di dalam pemikiran politik maupun ekonomi.Maka ideology Negara dalam arti cita-cita Negara atau cita-cita yang menjadi basis suatu teori atau system kenegaraan untuk seluruh rrakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain memiliki cirri-ciri berikut:

a.Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
b.Oleh karena itu mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup dan dilestarikan kepada generasi berikutnya.Bangsa Indonesia menghadapi berbagai benturan kepentingan ideology yang saling tarik menarik sehingga bangsa Indonesia memiliki visi yang jelas bagi masa depan bangsa maka harus membangun ketahanan ideology

yang berbasis pada falsafah bangsa sendiri yaitu ideology pancasila yang bersifat demokratis, nasionalistis dan berkeadilan sosial.Tarik menarik kepentingan ideology akan sangat mempengaruhi postur ketahanan nasional dalam bidang ideology bangsa Indonesia.

Hubungan Ketahanan Nasional Dan Pembangunan Nasional

Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan ketahanan nasional. Di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, halangan, gangguan baik yang datang dari dalam, maupun yang dating dari luar, yang secara langsung, maupun yng tidak langsung membahayakan integritas, identitas dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.Serta perjuangan mengejar tujuan perjuangan nasional.Ketahanan akan terwujud apabila segmen-segmen kehidupan terintegrasi dengan trigatra.

Jadi hubungan nasional sangat berhubungan dengan pembangunan nasional.Pembangunan nsional adalah tujuan dari Negara Indonesia,dimana pembangunan nasional pada hakikatnya merupakan perubahan dalam arti mewwujudkan suatu kondisi kehidupan bernegara dan bermasyarakat yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.Maka dalam mewujudkan hal tersebut suatu Negara harus memiliki ketahanan nasional akan banyak rintangan, halangan dan ancaman dari luar maupun dari dalam. Tanpa memiliki sebuah ketahanan nasional, maka Negara tidak akan mampu melaksanakan pembangunan nasional seutuhnya.

 

Artikel Terkait:

Comments are closed.