Doa Niat Puasa Senin Kamis

Pendidikan

Puasa pada hari Senin Kamis – Senin puasa adalah sunnah puasa yang sering dilakukan oleh umat Islam pada hari Senin dan Kamis. Sebagai esensi dari ibadah sunnah, ini berarti bahwa ketika dilakukan, itu akan menerima hadiah dan, jika tidak dilakukan, tidak akan berdosa.

Namun demikian, akan bermanfaat baik secara mental maupun fisik jika dioperasikan. Misalnya, orang yang sering melakukan sunnah pada hari Senin, Kamis, mendapat manfaat dari peningkatan tiga aspek kecerdasan manusia. Dimulai dengan kecerdasan intelektual (IQ), emosional (EQ), spiritual (SQ).

Karena puasa Sunnah sangat berguna dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad, itu harus dilakukan dengan sangat baik. Dalam artikel ini Anda akan berbicara pada hari Kamis tentang niat puasa pada hari Senin yang dapat Anda katakan sebelum Anda melakukan puasa Sunnah.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat dapat diartikan sebagai keinginan dalam hati yang dilakukan karena mereka ingin melakukan tindakan yang hanya menargetkan Allah SWT. Maksudnya juga bisa verbal untuk menegaskan tujuan kita bertindak hanya untuk Allah saja.

Setiap kebaktian dalam Islam selalu dimulai dengan niat bekerja pada praktik, termasuk puasa pada hari Senin, Kamis. Untuk puasa Sunnah, tidak ada batasan kapan niat itu dibuat. Bahkan seseorang yang baru saja bangun di pagi hari dan menyerukan sholat dapat memiliki niat segera puasa Sunnah.

Sumber Referensi : https://waheedbaly.com/

Bahasa Arab, Latin dan Makna Puasa Senin Kamis

Niat puasa hari Kamis ini adalah untuk menyesuaikan bacaan dengan waktu saat puasa dilakukan. Satu-satunya perbedaan adalah kata-kata hari itu yang membaca niat puasa. Untuk memudahkan kita membaca gol puasa hari Kamis setiap hari.

Baca niat puasa Senin
Berikut ini adalah bacaan niat puasa Senin bersama dengan aksara Latin dan artinya.

نويت صوم يوم الاثنثين سنة لله تعالى

Naskah Latin: NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Itu berarti: Saya bermaksud berpuasa pada hari Senin untuk Allah Ta’ala

Baca Puasa Kamis
Berikut ini adalah pembacaan niat Cepat pada hari Kamis bersama dengan skrip Latin dan artinya.

نويت صوم يوم الخمخيس سنة لله تعالى

Naskah Latin: NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHNATI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Itu berarti: Saya bermaksud untuk puasa hari Minggu karena Allah Ta’ala

Waktunya Puasa Senin Kamis

Mengenai waktu pelaksanaan niat dari Puaa Sunnah secara umum ada Chilafiyah di bawah Ulama. Dalam hal ini, pendapat para sarjana dibagi menjadi dua.

Pendapat pertama adalah bahwa niat untuk berpuasa sunnah harus dilaksanakan sebelum fajar. Sementara pendapat kedua mengatakan bahwa itu bisa dilakukan pada siang hari. Untuk kejelasan, referensi dibuat untuk penjelasan berikut.

Mei siang

Kebanyakan cendekiawan dari tiga sekolah, yaitu Hanafi, Syafi’i dan Hambali, percaya bahwa tidak perlu membaca niat puasa pada hari Kamis sebelum matahari terbit.

Ini didasarkan pada sebuah Hadis yang ditulis oleh Aisyah Radhiallahu ‘Anha. Berikutnya adalah suara Hadis, yang membentuk dasar untuk niat berpuasa Sunnah pada hari Senin hingga Kamis ketika itu siang hari.

عن عائشة أم المؤمنين قالت دخل علي النبي صلصاله عليه وسلم ذات يوم فقالهلعندكم شقلنالا

Yaitu, dari Aisyah Ummil Mu’mimiinin, berkata: Utusan Allah Sallallaahu dan Alaihi Wa Sallam datang kepada saya suatu hari, kemudian dia bertanya: Apakah Anda memiliki sesuatu? Kami menjawab: Tidak, lalu dia berkata: Jika demikian, saya berpuasa.

Ini adalah Hadis, yang tujuannya adalah untuk berpuasa sunnah di siang hari. Misalnya, jika A pada hari Minggu tidak memiliki keinginan untuk berpuasa pada hari Senin.

Tapi dia belum makan atau mabuk sampai Senin pukul 8 pagi. Ketika dia melihat adik laki-lakinya berpuasa, dia ingin puasa Sunnah. Jika, menurut pendapat ini, Senin A mungkin berniat puasa Kamis dan dapat melakukan puasa Sunnah.

Harus berniat sebelum subuh

Pendapat kedua diungkapkan oleh para ulama yang datang dari aliran pemikiran Maliki, bahwa niat untuk berpuasa sunnah harus dilakukan sebelum fajar. Pendapat ini didasarkan pada kata-kata Rasullullah Shollallahu Alaihi Wa Sallam.

عن حفصة أم المؤمنين أن النبي صلص الله عليه وسلم الصيام قبلالفجر فلا صيام له

Artinya, dari Hafsah Ummil Mu’miniin, kata nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam: Siapa yang tidak ingin berpuasa sebelum subuh, tidak berpuasa untuknya.

Baca Juga :

Comments are closed.