Ciri Materi Kingdom Protista dan Klasifikasinya

Pendidikan

Ciri Materi Kingdom Protista dan Klasifikasinya – Protista adalah sebuah takson yang anggotanya sangat beragam. Anggotanya bukan binatang, bukan tanaman, bukan jamur, dan bukan prokariota. Semua anggota kerajaan Protista adalah eukariota, memiliki inti yang jelas dan dikelilingi oleh membran organel. Pernapasan terjadi secara aerobik. Kehidupan bebas di laut atau air tawar, atau parasit dalam cairan tubuh atau organisme hidup lainnya.

Memahami Protista Menurut Para Ahli

Secara umum, protista adalah makhluk hidup bersel satu, tetapi ada juga protista multiseluler, seperti alga. Ada protista autrotrofik yang heterotrof, hidup bebas di laut, air tawar, atau sebagai parasit pada makhluk hidup lainnya. Tidak seperti Möner, protista memiliki membran nukleus, yang disebut organisme eukariotik (Abdurahman, 2006).

Protista adalah organisme eukariotik uniseluler yang hidup sendiri atau dijajah. Protista dapat digolongkan sebagai protes hewan (protozoa), protista tanaman (alga), dan protista jamur (mukosa jamur). Bentuk tubuh kelompok protista sangat beragam. Protista memiliki cara makan yang berbeda, dan mereka dapat dibagi menjadi tiga kategori:

  • Protista autototroph, yang merupakan protista yang memiliki klorofil yang mampu melakukan fotosintesis. Contoh: Alga
  • Protista menelan makanan, fagositosis melalui membran sel. Misalnya: yang paling sederhana
  • Protista saprofit dan parasit, mencerna makanan di luar sel dan menyerap ekstrak makanan. Contoh: jamur
  • Protista mirip binatang (protozoa).

Protozoa berasal dari kata Yunani Protos, yang berarti pertama, dan Zoon berarti binatang. Yang paling sederhana sering disebut binatang bersel tunggal. Semua aktivitas vital dilakukan oleh sel itu sendiri melalui organel, yang secara fungsional mirip dengan sistem organ pada banyak hewan uniseluler (metazoa).

Karakteristik Kerajaan Protista

Kingdom Protista

Protis memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Eukaryote sudah memiliki inti membran.
  • Hanya ada satu sel (sel tunggal) dan banyak sel (multiseluler)
  • Hidup tanpa koloni / sunyi dan simbiotik
  • Beberapa memiliki alat sederhana.
  • Beberapa memiliki pigmen berwarna (ganggang)
  • Ada autotrof (memproduksi makanan sendiri), ada juga heterotrof yang menyerap atau memakan makanan.
  • Tidak ada sistem jaringan yang jelas.

Klasifikasi Protis

Protista dikelompokkan menjadi tiga kelompok: protista mirip jamur (pemetik jamur), protista tanaman (ganggang), dan protista hewan (protozoa).

Hewan sebagai Protista

Protozoa seperti binatang dikenal sebagai protozoa (Protos = Pertama, Zoon = Hewan). Beberapa protozoa adalah hewan eukariotik mikroskopis dan uniseluler. Yang paling sederhana dapat hidup di air tawar, air laut, air payau, dan beberapa hidup di tubuh organisme multiseluler. Semua aktivitas vital dilakukan oleh sel itu sendiri menggunakan organel, termasuk membran plasma, sitoplasma dan mitokondria.

Beberapa protozoa berperan dalam penghancuran sisa-sisa organisme mati, tetapi beberapa parasit dalam tubuh, misalnya, dapat menyebabkan penyakit tidur, malaria, dan disentri. Yang paling sederhana hidup secara individu, tetapi ada yang tinggal di koloni.

Yang paling sederhana mereproduksi secara seksual dengan membagi menjadi dua bagian dan membentuk spora dan secara seksual melalui konjugasi. Hewan ini memiliki kendaraan dalam bentuk silia, flagela dan pseudo-stop (pseudopia), tetapi beberapa juga tidak memiliki alat transportasi.

Kelas Rhizopoda

Bergerak dengan pseudo-stops (pseudopodia), yang merupakan kelanjutan dari protoplasma sel, yang berfungsi sebagai mangsa perangkat penangkapan. Mereka hidup di air tawar, air laut, tempat basah, dan beberapa dari mereka hidup di tubuh hewan atau manusia. Reproduksi tanpa kawin melalui pembelahan biner dan pembentukan kista.

Jenis yang paling mudah diamati adalah amuba. Di Amoeba, gerakan Amoeba pseudo-stop adalah karena stimulasi makanan. Makanan bisa berupa ganggang, bakteri, atau puing organik.

Ectoameba adalah sejenis amuba yang hidup di alam bebas di luar tubuh organisme lain (kehidupan bebas). Contohnya adalah Amoeba proteus, Foraminifera, Arcella, Radiolaria. Entamoeba adalah jenis amuba yang hidup di dalam tubuh, misalnya, Entamoeba histolityca dan Entamoeba coli.

Demikian pembahasan tentang Ciri Materi Kingdom Protista dan Klasifikasinya, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :

Comments are closed.