Cara Merawat Thermostat Pada Mobil

Umum

Thermostat adalah salah satu komputer dalam sistem pendingin mobil. Fungsi termostat itu sendiri bekerja sesuai dengan suhu air pendingin. Jika suhu air masih dalam kategori rendah, air pendingin tidak akan mengalir ke radiator karena termostat masih tertutup. Namun, ketika suhu air pendingin naik hingga 80 hingga 100 ° C, termostat terbuka secara alami untuk mengalirkan air pendingin ke radiator. (Baca juga: kekuatan dan kelemahan Timor Lorosae)

Cara Merawat Thermostat Pada Mobil

Anda dapat mengetahui apakah termostat ini adalah salah satu bagian penting yang harus diperhitungkan dengan benar. Mesin mobil tentu dapat menghasilkan panas hingga suhu tertentu. Tetapi jika panasnya berlebihan, tentu saja akan menimbulkan masalah lain dengan mesin mobil Anda. Untuk alasan ini, ada sistem pendingin yang menggunakan air sebagai media untuk menyerap dan mentransfer panas. Karena itu, hampir setiap mobil membutuhkan termostat. Fungsi termostat adalah sebagai berikut.

Dengan menjaga agar pendingin tidak mencapai radiator dan mendingin, fungsi termostat adalah untuk mempertahankan pendingin dan mengedarkannya di mesin. Ini terjadi ketika suhu mesin masih dalam kategori rendah. Karena itu, mesin akan beroperasi dengan cepat hingga mencapai suhu operasi 80-90 ° C

Buka saluran engine yang menuju radiator

sehingga cairan pendingin dapat bersirkulasi dari engine ke radiator. Air pendingin ini harus dapat didinginkan di dalam radiator. Ini terjadi ketika mesin mencapai suhu operasi.
Pertahankan suhu cairan pendingin dalam kisaran yang diizinkan.

Jadi di mana termostat benar-benar dipasang? Thermostat ini terletak di saluran pembuangan dari mesin ke radiator. Thermostat digerakkan oleh lilin yang disegel di dalam silinder. Jumlah lilin dapat berubah jika suhu atau suhu terpengaruh. Perubahan jumlah lilin ini menggerakkan silinder. Gerakannya bisa naik dan turun dan kemudian membuka dan menutup katup.

Thermostat juga memiliki jiggle valve yang berfungsi untuk mengalirkan air dari sistem pendingin karena menambah pendingin ke dalam sistem pendingin. Dari penjelasan itu sudah jelas apakah termostat ini memiliki fitur penting di dalam mobil. Jadi, tentu saja, jika termostat rusak, ini akan menyebabkan beberapa masalah di bagian mobil. Kali ini mencirikan termostat mobil yang rusak. (Juga lihat di sini: Cara mengatur rem tangan)

1. Buka termostat pada suhu kamar

Karakteristik termostat yang rusak adalah ketika termostat terbuka bahkan pada suhu kamar. Atau termostat terbuka ketika suhu mencapai sekitar 30 ° C. Buat air pendingin mengalir pada waktu yang salah. Dalam situasi ini, Anda harus mengubah termostat mobil Anda. (Baca juga: cara mengatasi pedal kopling)

2. Suhu kerja mesin membutuhkan waktu yang lama

Tentu saja, jika kondisi termostat rusak, seperti terbuka terus menerus, maka suhu pengoperasian mesin membutuhkan waktu lama untuk mencapai suhu operasinya. Ini karena air pendingin, yang masih dingin, diarahkan ke radiator, yang membuat termostat terbuka sehingga suhu air pendingin rendah. (Harap baca: sistem pengapian mobil)

3. Jam termostat

Termostat selai berarti tidak dapat membuka ketika suhu mesin mencapai 89-90 ° C. Dalam kondisi ini, air pada radiator tidak dapat diedarkan pada akhirnya dan mesin menjadi panas.

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/rental-mobil-lampung/

Comments are closed.