Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Umum

Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah SendiriCara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Cabe rawit adalah salah satu bahan pelengkap yang sangat sering kita jumpai. Cabe rawit bisa digunakan sebagai bumbu campuran masakan untuk menciptakan rasa pedas pada makanan, ataupun sebagai pelengkap saat menyantap gorengan. Harga cabe rawit bisa di bilang sangat fluktuatif, terkadang harga cabe rawit merah bisa membumbung sanagt tinggi pada musim – musim tertentu.

Meskipun banyak petani yang membudidayakan cabe rawit, namun terkadang masih saja dipasaran kita temukan bahwa cabe rawit langka. Kelangkaan cabe rawit sendiri disebabkan banyak faktor, seperti serangan hama ataupun gagal pane akibat cuaaca maupun kualitas benih cabe rawit yang buruk. Nah, berbicara masalah benih cabe rawit. mungkin dari anda disini banyak yang mencoba menanam cabe rawit sendiri dirumah. namun terkadang hasil yang di dapat ketika cabe mulai tumbuh tidak sesuai harapan.

cara membuat benih cabe rawit dari buah

Salah satu modal awal untuk mendapat hasil yang memuaskan ketika menanam cabe rawit dipekarangan adalah dari kualitas benih yang digunakan. Untuk mendapatkan benih yang berkualitas tentu saja anda cukup datang ke toko pertanian dan membelinya sengan beragam harga benih cabe rawit.

Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri benih cabe rawit yang berkualitas, mungkin beberapa langkah ini bisa membantu anda dalam pembuatan bibit cabe rawit merah:

Pemilihan Buah Cabe Rawit Yang Baik

Langkah pertama adalah memilih buah cabe rawit yang memiliki kualitas baik dengan tingkat kematangan yang bagus. Jangan membuat bibit cabe rawit dari cabe sisa yang terdapat pada bungkus gorengan anda. Hal ini dikarenakan, cabe rawit yang digunakan tukang gorengan adalah cabe rawit yang masih muda ataupu tidak matang sempurna. Buah cabe rawit yang tidak cukup tua tidak akan bagus untuk di jadikan bibit.

Sebaiknya anda pergi ke Warung sayur ataupun membeli cabe rawit yang sudah merah pada pedagang sayur keliling. Pilihlah cabe rawit dengan warna yang merah dan bentuk buah yang bagus. Cabe rawit yang sudah merah menandakan bahwa bauh cabe tersebut sudah dalam keadaan matang sempurna dan cukup tua untuk dijadikan bibit/benih cabe.

Hal lain dalam pemilihan buah cabe untuk pembuatan bibit yang baik adalah dengan memanfaatkan buah cabe yang anda tanam langsung. Jika anda sudah memiliki batang cabe rawit yang sudah berbuah atau pun tetangga anda ada yang memiliki batang cabe rawit yang sudah berbuah, mintalah bebrapa buah cabe rawit yang telah matang, berwarna merah dan memiliki bentuk buah yang bagus serta tidak terserang penyakit.

Sumber: https://businessnews.id/amazon-luncurkan-spark-media-sosial-untuk-belanja/

Comments are closed.