Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Berasrama Diburu Orangtua

Pendidikan

Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Berasrama Diburu Orangtua

Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Berasrama Diburu Orangtua

Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Berasrama Diburu Orangtua

Sebentar lagi masa pendaftaran siswa baru segera dimulai. Salah satu alternatif model sekolah

adalah menerapkan sistem asrama. Model sekolah berasrama dinilai lebih berpotensi membentuk karakter unggul para siswanya.

Pengamat pendidikan Darmaningtyas mengatakan, saat ini hampir seluruh sekolah berasrama adalah sekolah milik swasta. Padahal sekolah berasrama sangat berpotensi mendidik karakter anak.

Dia berharap ke depan ada sekolah negeri yang dikembangkan menjadi sekolah berasrama

. Supaya akses masyarakat untuk merasakan sekolah berasrama semakin luas.

’’Sekolah negeri berasrama juga bisa menjamin mutunya dengan baik,’’ jelasnya di Jakarta (18/5).

Menurutnya untuk mewujudkan kelembagaan sekolah negeri yang berasrama, pemda bisa berkonsultasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Komisioner dan Kepala Divisi Advokasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda menjelaskan, selama ini banyak yang menyebut ketika memilih sekolah berasrama, maka tanggung jawab orangtua lepas.

Ditegaskan meskipun sekolah berasrama, tanggung jawab orangtua tidak lepas sama sekali.

Dia mengingatkan Maret 2017 sempat ada kehebohan di SMA Nusantara,

yang selama ini dikenal sebagai sekolah berasrama terbaik di Indonesia. Yakni meninggalnya salah satu siswa di SMA Taruna Nusantara. Dia berharap kejadian yang ada di SMA Taruna Nusantara itu tidak digeneralisasi bahwa seluruh sekolah berasrama menyeramkan.

Pendiri Sekolah Berasrama Internat Alkautsar Parung Kuda Sukabumi dan Staf Khusus Mendikbud Bidang Pendidikan 2014-2016 Ahmad Rizali mengatakan, sekolah berasrama memang memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya porsi pendidikan karakter yang kuat.

Sehingga banyak orangtua yang mengidamkan anaknya bisa masuk ke sekolah berasrama. Rizali mengingatkan orangtua tidak boleh memaksakan kehendaknya. Orangtua harus melihat mental dan kesiapan psikologis anaknya. ’’Jika dirasa tidak siap sekolah berasrama, ya jangan dipaksa,’’ pungkasnya.

 

Sumber :

https://jakarta.storeboard.com/blogs/education/definition-of-text-review-and-examples/965580

Comments are closed.