Bahaya Nonton Film di Situs Bajakan seperti IndoXXI

Teknologi

Bahaya Nonton Film di Situs Bajakan seperti IndoXXI

Bahaya Nonton Film di Situs Bajakan seperti IndoXXI

Bahaya Nonton Film di Situs Bajakan seperti IndoXXI

Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi CISSReC Pratama Persadha

mengatakan bahaya yang mengintai ketika masyarakat menonton atau mengunduh film bajakan dari situs film bajakan seperti IndoXXI. Menurutnya, situs-situs film ilegal itu berpotensi menyusupkan malware ke perangkat pengguna.

Ia membeberkan bahaya ini muncul ketika pengguna diarahkan untuk mengklik tautan tertentu sebelum film dapat diunduh atau ditonton. Tautan ini menurutnya berupa notifikasi berupa alamat situs yang mengarahkan mereka untuk bisa melihat konten film tersebut.

 

“Terkadang kita dipaksa untuk menerima apapun supaya bisa melihat kontennya

[film bajakan]. Akhirnya demi hal itu kita mengorbankan device [perangkat ponsel, laptop] kita terinfeksi malware atau virus,” kata Pratama saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (24/12).
Lihat juga: IndoXXI Tutup, Netizen Kritik Tak Ada Bioskop hingga Netflix

Pengamat keamanan siber lain, Alfons Tanujaya dari Vaksin.com malware biasanya menyerang sistem Codec atau Plugin. Codec merupakan sebuah jenis file yang digunakan untuk memainkan file audio atau video yang memiliki format lain seperti avi, 3gp, dan lainnya.

Codec juga bisa disebut sebagai compressor-decompressor atau coder-decorder.

Jika masyarakat tidak menginstal sistem ini, maka mereka tidak dapat menikmati film yang telah diunduh.

“Biasanya di Codec atau Pluginnya [disusupi malware], waktu ingin menonton film sering diminta instal macam-macam. Jadi, kalau tidak instal Codec atau Plugin maka tidak bisa unduh atau melihat film bajakannya,” tutur Alfons.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/

Comments are closed.