bahaya fatal terlampau lama pakai komputer

Umum

Tak dipungkiri, peradaban teknologi semakin membuat tidak sedikit orang yang bergantung dengan gadget laksana smartphone, komputer, laptop dan semacamnya. Banyak pekerja kantoran, mahasiswa, sampai anak-anak di masa sekarang kegemaran berselancar di internet atau bermain game dengan komputer sampai berjam-jam lamanya.

Namun tahukan anda bahwa kelaziman berselancar di internet atau bermain game berjam-jam dapat memicu sindrom tired all the time (TATT). Ternyata penyebab utama dari rasa lelah yang hadir sepanjang masa-masa ini ialah electronic insomnia, yakni sebuah situasi susah istirahat oleh sebab tubuh tidak jarang terpapar gadget. Ya, tanpa anda sadari, penyampaian cahaya biru dari gadget dalam masa-masa yang lama bisa merusak ritme sirkadian tubuh, ritme yang mengendalikan waktu istirahat dan terbangun manusia. Apabila hingga ritme sirkadian tubuh rusak, anda tak melulu akan merasakan sindrom sulit tidur, tetapi pun akan tidak jarang kali terbangun dengan situasi lelah dan tidak bugar masing-masing harinya.

Nah untuk kamu terutama pekerja kantoran yang sering memakai komputer atau laptop dalam masa-masa yang lama dapat lebih arif dalam menata pemakaian gadget masing-masing hari. Kamu bisa beristirahat sejumlah jam sekali saat memakai komputer dalam masa-masa yang lama supaya tubuh tidak mudah merasakan kelelahan. Di samping itu, ketika tidur malam, usahakan anda mematikan laptop maupun smartphone kamu supaya tubuh tidak terkena radiasi.

baca juga:

Comments are closed.