Bagaimana pola santap berimbang untuk si kecil?

Pendidikan

Bagaimana pola santap berimbang untuk si kecil?

Sarapan

Kebiasaan sarapan akan menciptakan si Kecil mendapat asupan energi dan nutrisi guna bekal memulai kegiatan hariannya. Pilih menu sehat yang enteng dan mudah dipahami ya, Bu. Sereal gandum, bubur ayam, atau roti dapat menjadi pilihan. Segelas susu sebagai penutup akan menciptakan asupan energinya kian sempurna.

Makan Siang

Nah, untuk santap siang, biasakan beri ia makanan bernutrisi menyeluruh yang kaya kandungan karbohidrat. Tak melulu nasi, Ibu dapat mencoba variasi sumber karbohidrat laksana mie, pasta, atau roti. Bagi memenuhi keperluan protein, tidak boleh lupa beri si Kecil daging, ayam, telur, atau sumber protein nabati laksana kacang-kacangan. Begitu pula dengan sayuran, sajikan variasi menu atau format yang menarik untuk si Kecil. Akhiri santap siang dengan sepotong kecil buah, segelas air atau jus buah segar

Makan Malam

Biasanya, porsi santap malam si Kecil agak lebih tidak banyak dibanding saat santap siang sebab perutnya telah lumayan terisi dengan makanan dan snack sepanjang hari. Belum lagi, mood si Kecil seringkali mulai meredup sebab mulai lelah sesudah beraktifitas seharian.

Untuk kombinasi menu, tetap upayakan berisi karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan air. Tak terdapat salahnya kok bila menu santap malam Ibu bikin sama dengan menu santap siangnya. Hanya porsinya saja yang mungkin dapat sedikit Ibu kurangi.

Kombinasi Menu Makanan

Terkadang anak tertentu tak mau makan sayur atau daging di malam hari. Nah, jajaki siasati dengan memberinya menu sayur dan daging saat santap siang. Sedangkan saat santap malam, Ibu dapat berikan menu enteng bergizi, laksana sandwich keju, telur dadar, dan sejenisnya. Biasakan pun minum susu sebelum tidur supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Camilan Sehat

Perut balita Ibu masih kecil, barangkali ukurannya melulu seperlima perut Ibu. Jadi, porsi santap untuknya memang mesti diciptakan kecil, tetapi tetap kaya nutrisi dan energi. Frekuensi makan pun harus diperhatikan supaya kebutuhan energinya tidak jarang kali terpenuhi. Camilan sehat bakal turut berperan penting menciptakan ia tetap ceria dan bersemangat.

Sumber : http://www.tukaerusite.com/e/www.pelajaran.co.id/

Comments are closed.