Bagaimana Pengelolaan Uang Rupiah?

Pendidikan

Bagaimana Pengelolaan Uang Rupiah?

dalam satu hari kamu dapat menghabiskan berapa ribu rupiah? Rp 5.000? Rp 10.000 ? Atau 20.000? Sadar tidak menyadari hampir segala perihal di dunia ini “membutuhkan” uang. Uang udah jadi keliru satu faktor mutlak di dalam kehidupan kita. Tapi kamu penasaran tidak darimana duit itu berasal? Siapa yang membuatnya? Bagaimana pengelolaannya? Yuk cari tahu!

Nah, di Indonesia sendiri pengelolaan duit dikerjakan oleh Bank sentral Republik Indonesia yaitu Bank Indonesia.

Sehubungan bersama dengan tugas dan wewenang tersebut, Bank Indonesia diberikan kewenangan untuk mengedarkan duit rupiah kepada masyarakat. Agar Bank Indonesia dapat sedia kan duit rupiah di dalam kuantitas yang cukup, pas pas dan layak untuk masyarakat, maka perlu dikerjakan pengelolaan yang baik, bertanggung jawab dan transparan. Hal ini diatur di dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 14/7/PBI/2012 bahwa Bank Indonesia merupakan salah satu lembaga yang melaksanakan pengelolaan duit rupiah, meliputi langkah perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, dan juga pemusnahan duit rupiah.

a. Tahap Perencanaan

Perencanaan dikerjakan supaya duit yang dikeluarkan punya kualitas baik supaya keyakinan penduduk selalu terjaga. Perencanaan yang dikerjakan BI meliputi rencana pengeluaran emisi baru bersama dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik uang, dan juga era edar uang. Selain itu, dikerjakan pula rencana terhadap kuantitas dan juga komposisi pecahan duit yang bakal dicetak sepanjang satu tahun mendatang.

b. Tahap Pencetakan

Pada langkah pencetakan rupiah, BI menunjuk Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) untuk melaksanakan pencetakan duit rupiah. Hasil cetakan oleh Perum Peruri bakal di check bersama dengan seksama, hasil cetak sempurna bakal diberikan kepada Bank Indonesia.

c. Tahap Pengeluaran dan Pengedaran

Nah, terhadap langkah pengeluaran dan pengedaran duit Rupiah ini dikerjakan oleh Bank Indonesia. Pengedaran duit dikerjakan bersama dengan Bank Indonesia bersama dengan mengirimkan duit berasal dari Kantor Pusat Bank Indonesia ke setiap kantor Bank Indonesia yang tersedia di semua wilayah-wilayah Indonesia. Dari kantor Bank Indonesia inilah semua bank bakal melaksanakan pengambilan, penyetoran, dan penukaran duit rupiah.

d. Tahap Pencabutan dan Penarikan

Bank Indonesia punya kewenangan untuk mencabut atau menetapkan duit rupiah yang tidak berlaku ulang sebagai alat pembayaran yang sah. Tujuan berasal dari pencabutan duit berasal dari peredaran adalah untuk menahan dan meminimalisasi peredaran duit palsu atau mengganti duit rupiah yang udah punya era edar lebih berasal dari tujuh tahun. Tenang, Squad. Uang rupiah yang dicabut tersebut dapat ditarik ulang lho bersama dengan langkah menukarkan ke Bank Indonesia atau pihak lain yang udah ditunjuk oleh Bank Indonesia. Jadi tidak rugi.

e. Tahap Pemusnahan

uang terhitung dapat dimusnakan lho tapi tidak sepenuhnya ya cuma duit bersama dengan suasana tidak layak edar saja yang dimusnahkan layaknya duit lusuh, duit cetakan tidak sempurna, duit robek, terpotong dan duit yang udah dicabut peredarannya. Pemusnahan duit kertas dikerjakan bersama dengan langkah dibakar, tetapi duit logam dikerjakan bersama dengan langkah dilebur.

Wah, ternyata tersedia beraneka langkah di dalam pengelolaan duit rupiah yang dikerjakan oleh Bank Indonesia. Semua itu dikerjakan untuk memastikan bahwa duit rupiah memadai dan layak beredar di masyarakat. Maka berasal dari itu, jaga rupiah mu ya jangan dicorat-coret, dirobek atau apalagi dibikin pesawat-pesawatan ya. Lebih baik ulang uangnya ditabung.

Baca Juga :

Comments are closed.