Bagaimana Dampak Keterlibatan Orangtua Dalam Kelas?

Pendidikan

Ketika mencari cara untuk meningkatkan kinerja dan semangat di dalam kelas, sangat jarang guru bersandar ke arah keterlibatan orang tua sebagai solusi. Ada banyak alasan mengapa para guru ragu untuk melibatkan orangtua mereka dalam keputusan dan pelajaran di kelas. Pertama, orang tua biasanya dipanggil ke ruang kelas ketika anak mereka mengalami masalah disiplin. Kedua, guru sering memanggil orang tua ke dalam kelas ketika seorang anak tidak melakukan dengan baik secara akademis. Sementara interaksi ini sebagian besar negatif, melibatkan orang tua di kelas memiliki keuntungan.

Mengapa keterlibatan orang tua penting
Hubungan orang tua-guru sangat penting untuk pendidikan anak. Membawa orang tua ke dalam kelas mendorong anak Anda untuk lebih baik diri mereka sendiri. Orang tua mengirim pesan berharga kepada anak mereka ketika mereka terlibat dalam kelas dan sekolah. Anak mulai menyadari betapa besar orangtua mereka peduli dengan kesuksesan mereka dan cenderung bekerja lebih keras. Anak yang pernah putus asa menjadi percaya diri. Anak yang memiliki keterampilan sastra yang buruk sekarang membaca dan menulis di atas tingkat kelas. Melibatkan orang tua di kelas dapat membawa pada jenis keberhasilan.

Selain meningkatkan keterampilan akademik, keterlibatan orangtua meningkatkan perilaku anak. Ketika anak melihat orang tua mereka terlibat, mereka mulai mengikuti aturan dan menghormati guru mereka lebih. Anda dapat menilai bagaimana perilaku anak telah membaik dengan menjaga dokumentasi perilaku sebelum dan selama keterlibatan orangtua mereka.

Bagaimana mendorong keterlibatan orangtua
Orangtua sering merasa tidak nyaman dalam suasana kelas. Mereka ingin tahu bahwa guru anak mereka menyambut mereka setiap saat, bukan hanya ketika anak mereka bertindak keluar. Menunjukkan orang tua bahwa Anda menghargai mereka dan memungkinkan mereka beberapa mengatakan dalam pengambilan keputusan peluang di dalam kelas akan membantu mereka untuk merasa lebih nyaman. Orang tua dari latar belakang yang berbeda dan budaya ingin tahu masalah suara mereka di sekolah yang berhubungan dengan masalah. Beberapa orang tua mungkin berjuang dengan memberikan umpan balik positif dalam pendidikan anak mereka. Memberikan pelatihan untuk membantu para guru di bidang ini akan membantu meningkatkan kemampuan belajar anak mereka. Jika orang tua tidak dapat terlibat karena hambatan, menemukan cara untuk bekerja di sekitar hambatan tersebut. Mengirim transportasi untuk orang tua tanpa kendaraan berbicara volume berapa banyak Anda peduli dan ingin anak Anda untuk berhasil.

Keterlibatan orang tua

Anak suka melihat orang tua mereka terlibat dalam semua aspek kehidupan mereka-bahkan sekolah. Mereka berkembang dari cinta dan dorongan dari orang yang mereka lihat. Ruang kelas bisa menjadi stres bagi anak kadang. Memperkenankan orang tua untuk datang ke dalam tatanan itu menyediakan bagi anak dengan kepercayaan yang lebih besar kepada orangtua, guru, dan diri mereka sendiri. Sebuah komunitas dimana anak merasa aman dan terhubung dengan materi belajar mereka diciptakan oleh keterlibatan orang tua. Mendorong orang tua untuk berpartisipasi dalam dan di luar kelas membawa pencapaian yang lebih tinggi.

“Pada akhir hari, kunci yang paling luar biasa untuk keberhasilan seorang anak adalah keterlibatan orang tua.” – Jane D. Hull

Baca Juga:

Comments are closed.