Apprehencion

Otomotif

Table of Contents

Apprehencion

Adalah suatu tahapan pada diri siswa untuk memberikan perhatian pada bagian-bagian yang esensial dari suatu kejadian instruksional bila belajar akan terjadi, dimana dalam fase ini seseorang memperhatikan stimulus tertentu kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara. Misalnya “golden eye” bisa ditafsirkan sebagai jembatan di amerika atau sebuah judul film. Stimulus itu dapat spontan diterima atau seorang Guru dapat memberikan stimulus agar siswa memperhatikan apa yang akan diucapkan.

 

  1.  Acquistion

Fase perolehan adalah suatu tahapan pada diri siswa untuk memperhatikan informasi yang relevan, maka siswa telah siap menerima pelajaran. pada fase ini seseorang akan dapat memperoleh suatu kesanggupan yang belum diperoleh sebelumnya dengan menghubung-hubungkan informasi yang diterima dengan pengetahuan sebelumnya. Atau boleh dikatakan pada fase ini siswa membentuk asosiasi-asosiasi antara informasi baru dan informasi lama.

  1. Retention

Adalah fase penyimpanan informasi, ada informasi yang disimpan dalam jangka pendek ada yang dalam jangka panjang, melalui pengulangan informasi dalam memori jangka pendek dapat dipindahkan ke memori jangka panjang, hal ini terjadi melalui pengulangan kembali (rehearsal), praktek (practice), elaborasi dan lain-lain.

Fase ini berhubungan langsung dengan ingatan, sedangkan ingatan sendiri ada 2 macam, yaitu :

  1. Memori jangka pendek, yakni jenis memori yang menyimpan informasi untuk diproses dalam jangka waktu yang cukup panjang.
  2. Memori jangka panjang, berarti suatu informasi disimpan secara permanen. Maka organisasi, makna, dan konteks adalah merupakan elemen penting dalam memori jangka panjang.

Karena tidak semua informasi bisa disimpan dalam memori jangka panjang, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru dalam membantu memori pelajar, yakni guru selalu menganjurkan pelajar untuk:

Ø  Membuat ringkasan, yang meliputi arti dan struktur dari apa yang akan diingat.

Ø  Menemukan, bagaimana suatu informasi bisa berhubungan dengan apa yang diketahui sebelumnya.

Ø  Membagi apa yang harus dipelajari kedalam bagian-bagian kecil secara logis.

Baca Juga :

https://belantaraindonesia.org/mystery-ancients-apk/

 

Comments are closed.