ALAT-ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICES)

Umum

ALAT-ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICES)

            Dua alat output yang paling dikenal ialah layar komputer atau sering disebut monitor  dan printer. Gambar pada layar komputer dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar (screen resolution) mengacu pada jumlah piksel, titik-titik cahaya yang terdapat pada monitor yang ditampilkan layar. Resolusi layar yang tinggi memungkinkan penggunaan cukup banyak icon secara praktis sehingga antarmuka pengguna berbentuk grafis atau graphical user interface (GUI) telah menjadi antarmuka yang dominan. Ukuran monitor diukur dari garis diagonal layar. Monitor dengan diagonal berukuran 17 dan 19 inchi adalah hal yang umum pada komputer-komputer yang populer saat ini.

            Printer memiliki keunggulan serupa dengan monitor. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotocopy, sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas. Keunggulan printer tinta ialah bahwa printer ini secara mekanis kecil dan biasanya memiliki  biaya yang lebih rendah dari printer laser.  Printer tinta memiliki keunggulan praktis diatas printer laser dimana printer ini dapat memproduksi output berwarna dengan biaya relatif rendah. Resolusi pencetakan tinta biasanya adalah 300 hingga 1.200 titik per inchi. Resolusi printer laser biasanya 1.200 titik per inchi. Printer laser berwarna memiliki kecepatan kurang lebih 20 halaman per menit sedangkan model yang hanya mencetak hitam dan putih dapat mencetak 50 halaman per menit.

MULTIMEDIA

            Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagian besar penggunaan komputer dewasa ini tidak akan mendapat akses atau sistem informasi berbasis komputer jika tidak tersedia multimedia. Bebrapa orang pengguna masih kurang memiliki pengetahuan, berfungsi pada tingkat pengetahuan yang rendah atau memiliki cacat fisik. Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki pengetahuan mrginal membutuhkan kemampuan multimedia dari komputer agar dapat secara efektif menggunakan sumber daya. Gambar-gambar animasi yang bergerak dari satu langkah ke langkah lain, kemungkinan dengan suara di latar belakang yang menjelaskan gambar tersebut dapat memberikan pendidikan bagi kelompok pengguna ini. Kemampuan multimedia memperluas masyarakat yang mempu berinteraksi yang berarti dengan sumber daya komputasi.

Sumber: https://carbomark.org/

Comments are closed.